Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Komponen Meledak, Tewaskan 17 Orang di China

Kompas.com - 02/01/2015, 16:41 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Sejumlah ledakan yang terjadi di pabrik komponen otomotif, sebelah selatan Provinsi Guangdong, China membawa malapetaka. Kejadian ini menewaskan 17 pekerja dan 20 orang lainnya luka serius, dikutip kantor berita Xinhua News Agency, dilansir Bloomberg (31/12/2014).

Ledakan terdengar sekitar pukul 09.30 waktu setempat dari pabrik Fuwa Engineering Manufacturing Company di Shunde, distrik Kota Foshan. Semua korba luka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Isu keamanan yang minim langsung mencuat menyelimuti kabut kelam kegiatan produksi pabrik China. Pasalnya, ledakan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaporkan 2 Agustus 2014 lalu, terjadi hal serupa menewaskan 75 orang dan melukai lebih dari 180 pekerjanya di pabrik milik Kunshan Zhongrong Metal Products Company.

Kecelakaan ini lantas dianggap sebagai bencana industri terbesar yang pernah terjadi di China dan dibahas sampai ke level pemerintahan China. Pihak berwenang kemudian memerintahkan untuk penghentian semua kegiatan produksi yang menggunakan bahan peledak bagi seluruh pabrik di seluruh China.

Sementara itu, Fuwa Engineering merupakan perusahaan penghasil komponen berupa gardan untuk bus dan truk. Belum ada laporan pasti apa penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.
Surat kabar Southern Mertopolitan Daily melaporkan, terjadi tiga ledakan di pabrik Fuwa disebabkan karena kecelakaan pada bagian pengelasan. Kecelakaan dicurigai terjadi ketika dalam proses perawatan berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com