Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesaing Juke dan HR-V ”Blasteran” Korea-India

Kompas.com - 29/12/2014, 15:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Produsen mobil asal Korea Selatan, SsangYong akhirnya merilis Tivoli, crossover yang lahir dari konsep X100 dan bermetamorfosa menjadi XIV-Air dan XIV-Adventure belum lama ini. Pesaing Nissan Juke, Honda HR-V, Peugeot 2008, hingga Ford EcoSport itu akan berjibaku memperebutkan pasar segmen-B.

Mobil ini akan secara formal diluncurkan di Korea Selatan, Januari 2015 mendatang. Setelah itu, akan mulai ”berlayar” di beberapa kawasan seperti daratan Inggris Raya, Amerika, dan beberapa kawasan Asia dalam waktu dekat.

Merek yang 70 persen sahamnya dimiliki korporasi besar dari India, Mahindra, itu menyatakan bahwa pengembangan untuk model ini dilakukan selama tiga tahun. Soal nama Tivoli terinspirasi dari salah satu kota di Italia, merepresentasikan SUV urban yang dinamis mengunggulkan kualitas interior.

Opsi mesin ada dua, 1.600cc bensin yang sudah kompatibel dengan standar emisi Euro6, serta turbodiesel 4-silinder. Keduanya dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatik. Penggerak roda depan diberi opsi penggerak semua roda (all-wheel drive).

Soal desain, SsangYong mengedepankan filosofi Nature Born-3 Motion, memadukan konsep alami dengan garis dinamis. Di bagian belakang tampak ada pinggul yang menunjukkan aura sporty.

paultan.org Interior SsangYong Tivoli sangat mewah, dijanjikan senyaman sedan.

Mewah
Di dalam, janji SsangYong menghadirkan kenyamanan seperti sedan diwujudkan dalam sentuhan luks. Mulai dari pengatur suhu dua zona, kursi depan dengan pemanas, jok pengemudi dengan ventilasi, sampai konektivitas fleksibel untuk semua jenis gadget yang tampil di layar monitor.

Kamera belakang dan fitur keyless entry adalah standar. Lalu peranti keamanan tambahan mencakup ESP, hill start assist, hingga sinyal rem darurat yang akan aktif memperingatkan pengemudi jika ada kondisi bahaya.

Target perusahaan mampu menjual 100.000 unit Tivoli. Model ini akan mendampingi SUV SsangYong yang sudah dijual sebelumnya, yakni Korando. Harga belum pasti, namun diperkirakan mencapai 12.500 poundsterling (sekitar Rp 242 juta) )untuk pasar Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com