Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2014, 17:25 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sebanyak 21 blogger Kompasiana (Kompasianer) mendapat kesempatan emas untuk melakukan pengujian Datsun Go dan Go+ Panca, dalam acara "Kompasiana Drive&Ride: Tantangan Hemat KompasOtomotif", Minggu (21/12/2014).

Sebenarnya, acara ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efisiensi bahan bakar dari Datsun Go dan GO+ Panca. Tapi, para Kompasianer ini juga memanfaatkannya untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai mobil murah dari Datsun tersebut.

Beberapa di antaranya mengaku cukup terkejut dengan performa dari Go dan Go+ Panca, yang cukup melebihi ekspektasi, namun masih dianggap ada kekurangan di beberapa sektor. Meski demikian, kesimpulan yang didapat dua model Datsun ini masih positif.

"Akselerasinya mantap, ternyata tarikannya lumayan. Buat manuver juga cukup ringan, jadi enak saat diajak menyalip," jelas Dizzman, salah satu Kompasianer yang mengemudi dari kantor redaksi KompasOtomotif menuju Taman Budaya, Sentul.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompasianer menerima tantangan dari KompasOtomotif.
Senada dengan Dizzman, Dzulfikar yang berkesempatan menguji Datsun Go dari Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah menuju Palmerah, melalui jalan biasa (non-tol), juga meyebutkan Datsun Go termasuk dalam kategori lumayan untuk LCGC.

"Saya pikir awalnya tetap berkendara di tol, ternyata lewat jalan biasa, jadi harus ketemu dengan beberapa titik kemacetan. Catatannya, hanya persneling agak sedikit berat dan sedikit bising di dalam kabin," jelas Dzulfikar.

Dalam tantangan ini peserta memulai perjalanan dari kantor redaksi KompasOtomotif di Palmerah, Jakarta Selatan, menuju Taman Budaya, Sentul City, Bogor. Setelah itu dilanjutkan menuju Hotel Santika di TMII untuk istirahat dan makan siang. Lalu berlanjut kembali ke Palmerah, melalui rute jalan TB Simatupang, Lebak Bulus dan Pondok Indah.

Angka paling irit pada tantangan ini mencapai 18,9 kpl dan urutan kedua dengan catatan 18,8 kpl. Posisi ketiga mencapai angka efisiensi 18,0 kpl. Sedangkan redaksi KompasOtomotif mencapai angka 19,6 kpl.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com