Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

advertorial

Pilih MPV Bensin atau Diesel?

Kompas.com - 21/12/2014, 02:51 WIB
advertorial

Penulis

Pilihan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan mesin bensin memang banyak, dan hanya sedikit mobil jenis MPV yang bermesin diesel, namun tetap butuh pertimbangan dalam memilih.

Soal efisiensi, mobil bermesin diesel memang lebih unggul ketimbang mesin bensin. Makanya, tidak heran bila data dari IHS Automotive menunjukkan adanya peningkatan penjualan sebesar 30 persen sejak tahun 2010. Memang, pilihan merek mobil yang bermesin diesel di Indonesia tidak terlalu banyak dibandingkan mobil bermesin bensin.

Namun, tidak ada salahnya kan apabila Anda banyak menyaring informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mobil bermesin diesel. Misalnya, soal teknologi mesin, tenaga atau torsi, soal kenyamanan mengendarai, luas dan nyamannya kabin, soal keamanan fitur keamanan dan hiburan hingga soal promosi yang berhubungan dengan pembelian mobil tersebut. Spin adalah satu-satunya MPV B bermesin diesel (karena MPV lainnya yang bermesin diesel adalah MPV C misalnya innova) dan harganya relatif lebih murah, yaitu mulai dari 211 jutaan.

Mesin mobil keluaran General Motors ini telah mengadopsi mesin diesel berkekuatan 1.3l dengan turbocharger, sehingga mobil ini menjadi satu-satunya LMPV bermesin diesel yang menawarkan tenaga berlimpah dari putaran mesin rendah (torsi 190/1750nm/rpm). Jika bicara irit, sama seperti mobil bermesin diesel lainnya, mobil ini pun juga irit bahan bakar.

Performa mesin yang kuat dari Chevrolet Spin ini pun masih ditambah dengan handling yang mantap. Bodi monocoque yang dibalut baja lebih tebal dipadukan dengan suspensi mcpherson independen pada bagian depan semi independen torsion beam pada bagian belakang. Bagian kabin pun terasa lebih nyaman dengan adanya AC tipe headliner (terintegrasi dengan atap) yang akan mendinginkan penumpang hingga baris ke tiga.

Bagian belakang alias bagasi yang luas karena kursi dapat dengan mudah diatur sehingga mudah untuk mengangkut barang hingga kapasitas 1608 liter. Bagian kemudi pun sudah siap menampilkan kesan modern dengan speedometer digital dan desain interior yang elegan serta kemampuan perangkat hiburan yang dilengkapi fitur Bluetooth yang dapat dikoneksikan dengan smartphone dan tombol kendali telepon pada kemudi. Sehingga pengemudi tetap berkonsentrasi saat menerima atau membuat panggilan telepon.

Soal keamanan, Chevrolet Spin sudah dilengkapi dengan dual airbags dan pengereman dengan teknologi ABS+EBD. Bahkan, mobil yang berani memberikan promo pada bulan Desember berupa bunga 0% selama 2 tahun, Cicilan mulai dari 2 juta rupiah per bulan dan bebas biaya servis dan spare part hingga 2 tahun ini telah dinobatkan sebagai Best Fuel Consumption oleh AutoBild Indonesia dan Car of the Year Indonesia 2014 oleh bosmobil.com. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com