Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Keunggulan Kaca Film Bahan Nano Karbon

Kompas.com - 20/12/2014, 11:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah era teknologi pewarnaan, pemakaian bahan logam, lalu keramik, kini perkembangan kaca film mencapai tahap penggunaan material karbon dalam bentuk partikel nano. Jika biasanya kaca film warna hitam harus menggunakan bahan logam untuk menolak panas, keunggulan karbon bisa menolak panas tanpa logam.

Menurut Melvin Kristiani General Manager Sentra Brosis Indojaya sebagai pemegang merek kaca film Infinity di Indonesia, bahan logam mampu mengganggu signal ponsel dan mengalami korosi (karat).

“Kaca film dengan nano karbon lebih awet, makanya kita berani kasih garansi hingga delapan tahun,” kata Melvin sangat mengenalkan kaca film Infiniti terbaru dengan material nano karbon, Black Optic, di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Warna alami karbon adalah hitam, karena itu kebanyakan kaca film dengan material ini juga punya warna hitam. Warna gelap hanya terlihat dari luar, namun tidak menghalangi pandangan penumpang dari kabin. Pemandangan tetap jernih, seperti kaca film berbahan keramik.

“Efek bayangan pada kaca dari dalam tidak banyak, tidak mengganggu saat malam hari ataupun hujan,” terang Melvin lagi.

Selain itu kelebihan lain kaca film berbahan nano karbon punya nilai tinggi menolak panas, yakni hingga 70 persen, menolak sinar infrared 72 persen dan ultraviolet 99,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com