Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Pamerkan Teknologi "Valet Parking" Otomatis

Kompas.com - 16/12/2014, 12:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Las Vegas, KompasOtomotif - BMW memaksimalkan ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, dengan memamerkan beberapa teknologi canggih. Salah satunya adalah sistem parkir otomatis, dinamai sistem Remote Valet Parking Assistant.

BMW merancang sistem ini untuk benar-benar memudahkan pengendara saat parkir, tanpa harus menyentuh pedal gas, rem, dan kemudi. Rencananya, Remote Valet Parking Assistant akan hadir di Seri-7 2016 mendatang.

Untuk mengaktifkan sistem ini, pengemudi tinggal keluar dari kendaraan, lalu mengaktifkan mode Remote Valet, dan membiarkan mobil parkir otomatis. Pengemudi hanya perlu mencari lokasi parkir yang pas untuk mobil. Sistem ini akan mengalkulasi data ruang parkir, hingga benar-benar mampu memarkirkan kendaraan dengan sempurna.

Prototipe i3
Selain Remote Valet, BMW juga menghadirkan prototipe i3 yang sudah dilengkapi dengan sistem anti-tabrak 360 derajat. Teknologi yang berkaitan dengan keamanan ini memanfaatkan laser untuk membaca objek berbahaya dari semua sisi.

Jika pengemudi dianggap berdekatan dengan pembatas jalan atau mobil di depan, sistem ini akan membaca ancaman tersebut dan mengaktifkan rem secara otomatis. Teknologi ini bisa membantu pengendara mengurangi risiko kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com