Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Sertifikat Internasional untuk Teknisi Penyelaras Ban

Kompas.com - 11/12/2014, 18:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Michelin dan 1 Station mengumumkan kesepakatan kerjasama untuk mencetak teknisi ahli di bidang tyre and wheel alignment (penyelerasan ban). Standar kerja dari para teknisi ahli akan mendapat sertifikasi dari TÜV Rheinland, lembaga sertifikasi berstandar internasional.

Country Director PT Michelin Indonesia Jean-Charles Simon menyatakan bahwa program sertifikasi di 1 Station ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan meningkatkan keamanan serta kenyamanan berkendara di Indonesia. Diharapkan, teknisi yang menguasai standar penyelarasan ban, risiko kecelakaan melalui optimalisasi fungsi ban akan berkurang.

”1 Station adalah mitra kerja yang memiliki visi dan misi yang sama mengenai pentingnya standar keamanan tertinggi di jalan raya. Dengan mencetak teknisi ahli berstandar internasional, pengguna mobil di Indonesia dapat berkendara aman dan nyaman,” kata Jean Charles di Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Ditambahkan, standarisasi teknisi tyre and wheel alignment ini merupakan yang pertama di dunia. Melalui sertifikasi dari TÜV Rheinland, kelak penggantian dan penyelerasan ban di jaringan 1 Station akan mengikuti standar internasional, melalui standarisasi penggunaan peralatan yang sama di seluruh gerai dan dikalibrasi secara berkala.

1 Station adalah outlet otomotif modern yang  memberikan pelayanan suku cadang dan perawatan kendaraan dalam satu lokasi dan hadir dengan konsep masa kini. Saat ini 1 Station memiliki lima cabang yang mencakup wilayah Jakarta, Bekasi dan Serpong.

Bersamaan dengan kerjasama ini, Michelin dan TÜV Rheinland  menyerahkan sertifikat teknisi ahli tyre and wheel alignment kepada lima orang teknisi 1 Station. Kelima teknisi tersebut telah berhasil melewati pelatihan dan ujian yang meliputi konstruksi dasar kerangka kendaraan, kemampuan menyeluruh dalam menangani ban, melakukan penyelarasan sesuai dengan kondisi kendaraan dan menangani kerusakan pada penyelarasan ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com