Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siap Ekspor BeAT dari Karawang ke Filipina

Kompas.com - 11/12/2014, 14:29 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Setelah meresmikan pabrik keempat, PT Astra Honda Motor (AHM) berencana menggarap pasar ekspor lebih serius. Mulai 2015, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia itu mulai memasarkan skutik terlarisnya, BeAT, ke pasar mancanegara.

Takanobu Ito, CEO Honda Motor Company Limited  mengatakan, pasar sepeda motor di Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di dunia bagi Honda dalam hal produksi maupun penjualan.

"Saya senang mengumumkan kalau Honda akan memulai ekspor BeAT baru yang diproduksi di fasilitas ini (pabrik keempat) mulai tahun depan, menyusul kegiatan ekspor mobil yang sudah bergulir sejak 2009," jelas Ito di Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/12/2014).

Ito menambahkan, prinsipal punya harapan besar terhadap potensi Indonesia sebagai salah satu rantai pemasok kendaraan global baik untuk sepeda motor maupun mobil. Sesuai prinsip dasar perusahaan adalah memproduksi dengan mendekati pelanggan.

"Sekarang kami mengembangkan strategi menjadi lebih kompetitif sehingga menciptakan jaringan pemasok global, baik untuk kendaraan jadi atau komponen," tukas ito.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk menjelaskan, berbeda dengan kinerja mobil di Indonesia, ekspor sepeda motor jauh lebih sedikit. Estimasi pasar mobil tahun ini mencapai 1,2 juta unit dan ekspor mencapai 200.000 unit.

"Tahun depan kami mulai ekspor Ke Filipina sekitar 40.000-50.000 unit setahun. Kami harap ke depan kinerja ekspor sepeda motor bisa lebih besar dari mobil," ujar Prijono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com