Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerus Bugatti Veyron Pakai Turbo Listrik

Kompas.com - 11/12/2014, 10:28 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Bugatti sedang menyiapkan edisi pengganti Veyron yang bernama Chiron. Nantinya, Chiron bakal menjadi mobil pertama dari Volkswagen Group (induk Bugatti) yang menggunakan turbocharger elektrik.

Pengganti Veyron ini akan tetap menggendong mesin W16 berkapasitas 8,0 liter. Mesin dipadankan dengan dua turbo listrik, dan dua kompresor lawas. Seperti dilansir Automobile, Kamis (11/12/2014), dengan padanan mesin plus turbo tersebut mobil super ini memiliki daya output yang menyentuh angka 1.500 tk.

Torsi diperkirakan tidak berubah yakni 1.491 Nm. Penggunanan motor listrik akan membantu membawa dorongan di putaran mesin rendah. Bobot yang lebih ringan juga meningkatkan rasio tenaga ke berat mobil (power to wiight ratio) dengan kecepatan tertinggi hingga 463 kpj dan akelerasi 0-100 kpj di bawah 2,5 detik.

Chiron dirancang dengan desain benar-benar baru atau secara signifikan berubah dibanding Veyron. Interior menjadi sektor dengan ubahan estetika terbesar, yang menitikberatkan pada posisi kenyamanan mengemudi dengan peningkatkan area pandang.

Bugatti diharapkan akan meluncurkan Chiron pada 2016 mendatang. Guna menjaga pasar setelah Veyron habis terjual, pabrikan asal Perancis ini sedang memprodusi beberapa model Veyron Speedster sebagai pengisi waktu sampai Chiron bisa diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com