Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Harga Mobil Murah Toyota Naik Lagi

Kompas.com - 11/12/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah resmi menaikkan banderol mobil murahnya, Agya, Toyota kembali berencana kembali merevisi harga. Rencana ini disampaikan Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor di malam Toyota Gathering Media, Jakarta Selatan, Rabu (10/12/2014) malam.

"Pasti akan naik, tapi kita lihat waktu yang tepat, tinggal tunggu saja," jelas Samulo kepada wartawan. Toyota sudah mengantongi izin menaikkan harga mobil murahnya maksimal 6,6 persen atas rekomentasi dampak inflasi dari pemerintah.

Tapi, merek mobil murah terlaris di Indonesia ini baru memanfaatkan tiga persen kenaikan harga pada Oktober lalu. Artinya, masih ada tersisa 3,6 persen tersisa yang bisa dimanfaatkan kenaikannya tahun depan.

"Soal berapa kenaikannya, bertahap atau langsung, saya belum putuskan," lanjut Samulo. Pada kenaikan sebelumnya, banderol baru Agya saat ini sudah lebih mahal antara Rp 3,05-3,2 juta, ketimbang pertama kali diluncurkan ke pasar.

Dengan terus naiknya harga jual mobil murah ini, sejumlah konsumen mengkhawatirkan hal ini akan melunturkan citra "mobil murah" di Indonesia. Tapi, hal ini ditampik oleh Samulo, karena kenaikan yang dilakukan berdasarkan kenaikan inflasi.

"Inflasi itu kan relatif tidak bisa diukur, karena semua harga barang kan naik. Artinya, dari sisi value, mobil ini tetap sama (mobil murah)," tutup Samulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com