Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GPS Pelacak Sepeda Motor yang Hilang

Kompas.com - 02/12/2014, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Super Spring sebagai produsen lokal alat navigasi kendaraan merilis Global Positioning System (GPS) Tracker (pelacak) khusus untuk sepeda motor, Selasa (2/12/2014), di Plaza Indonesia, Jakarta. Produk yang diberi kode VT-90M itu terinspirasi dari tipe serupa yang sudah dipasarkan sebelumnya untuk pengguna mobil.

Produk ini diklaim pertama kali hadir di Indonesia, bahkan mungkin secara global. Fungsinya sama dengan GPS pelacak untuk mobil. "Hanya, untuk roda dua komponennya dibuat anti-air dan debu. Kena air, atau terendam dan terbawa arus banjir sekali pun, tetap masih bisa ditemukan," jelas Roby Oktober, Kepala Pemasaran dan Penjualan Super Spring.

Terdapat beberapa fitur yang disesuaikan untuk kebutuhan kendaraan roda dua, Misalnya fitur merekam perbincangan, karena sudah jelas, sepeda motor tak punya kabin. Dipaksakan pun bisa, tapi desiran angin akan mengganggu proses penangkapan suara.

"Produk ini lahir atas dasar data AISI, bahwa 6,7 juta sepeda motor sudah terjual sejak Januari hingga Oktober 2014. Bisa dibayangkan, sepeda motor adalah pasar yang sangat seksi. Begitu juga dengan semakin banyaknya isu pencurian sepeda motor membuat kami semakin yakin dengan produk ini," imbuh Roby.

Fungsi utama tentu untuk mengetahui posisi sepeda motor, bahkan saat dicuri. Diceritakan Roby, alat ini sudah beberapa kali melacak berbagai kasus, mulai pencurian hingga pembunuhan. Semua data mengenai perjalanan, jarak tempuh, kecepatan, parkir, hingga mesin menyala, bisa dilihat, maksimal hingga 90 hari sebelumnya.

Super Spring VT-09M dibanderol Rp 1.499.000, sudah termasuk pulsa Kartu Halo selama 6 bulan senilai Rp 250.000. Seperti produk Super Spring lain, sudah digaransi selama satu tahun, dengan pelayanan server yang tidak dikenakan biaya. GPS Pelacak ini bisa didapatkan secara online di rajagps.com atau di 36 jaringan Super Spring di Indonesia, pemasangan gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com