Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap ”Flat Track” Segera Bergulir di Indonesia

Kompas.com - 02/12/2014, 11:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski sangat populer di Amerika dan Eropa, balap ”flat track” atau juga bisa disebut dirt bike race, adu kencang sepeda motor di sirkuit tanah berbentuk oval, belum familiar di Indonesia. Ajang penguji ketahanan pebalap melaju di lintasan tanah dengan kondisi yang licin. Marc Marquez pun pernah melakukannya sambil mengisi waktu senggang di antara balapan MotoGP.

Menyambut ulang tahun ke-26, Bikers Brotherhood MC (BBMC), komunitas sepeda motor klasik, bakal mewujudkan ajang tersebut di Bali. Balapan akan disisipkan dalam agenda besar perayaan ulang tahun bertema Ethnic Party di Tanah Lot, Tabanan, Bali, 5-6 Desember 2014. Dirt Bike Race akan menjadi salah satu rangkaian acara menarik selain Bike Contest dan Miss Brotherhood.

Dirt bike race terbuka untuk semua penggemar sepeda motor klasik hingga terbaru, karena BBMC Jakarta Chapter, sebagai organizing committee, ingin mengakomodasi minat para pencinta dirt bike di Indonesia.

Herry Gotri Satriawan, Vice President BBMC Jakarta Chapter, dirt bike race adalah nostalgia, karena pada 2004 di GWK, pernah digelar dirt bike race yang menjadi cikal bakal Classic Bike Race.

”Kami selalu berpikir untuk membuat yang unik, berkesan, dan berbeda di setiap acara. Biasanya Classic Bike Race kami adakan di sirkuit aspal, kali ini kami buat Dirt Bike Race di tanah dengan pemandangan kawasan wisata Tanah Lot yang indah. Tujuannya, selain sebagai ajang penyaluran hobi dan silaturahmi, juga mendukung pariwisata Bali,” kata Gotri dalam siaran resmi (29/11/2014).

Agenda ini akan memperlombakan 10 kelas mulai Asia, Eropa, dan Amerika termasuk eksebisi untuk sepeda motor  baru. Diharapkan, kegiatan ini menjadi barometer balap dirt bike lainnya di Indonesia sebagai ajang kompetisi sehat namun tetap mengedepankan silaturahmi antar biker.

Informasi Dirt Bike Race juga bisa didaptkan via Fanpage Vintage Dirtbike Race Indonesia dan layanan Hotline 089629242766.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com