Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombongan ini Tempuh 3.400 Km Menunggangi Honda Beat

Kompas.com - 30/11/2014, 11:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Badung, KompasOtomotif – Perjalanan Adi Heriadi bersama empat kawannya menggunakan sepeda motor dari Ternate, Maluku Utara, hingga Bali yang terlebih dahulu ”main-main” ke Bandung, patut diacungi jempol. Niatnya satu, mengunjungi Honda Bikers Day (HBD) 2014 yang diselenggarakan di Pantai Pandawa, Badung, Bali.

Adi dan kawannya yang tergabung dalam Beat Matic Club Ternate itu masing-masing menggunakan Honda Beat. ”Kami sudah melakukan perjalanan selama lima hari dari empat yang dijadwalkan. Tapi kami menikmatinya, karena memang sepeda motor tidak pernah ada gangguan,” kata Adi kepada wartawan (29/11/2014).

Diceritakan, rute yang ditempuh adalah Ternate, Bitung, Makasar, Surabaya. Sesampainya di Pulau Jawa, mereka bukannya segera menghadiri HBD, namun justru ”keluyuran” ke arah Barat menuju Yogyakarta dan Bandung. Rupanya, Adi dan kawannya ingin menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengeksplor objek wisata.

Ditemani sejumlah biker dari Honda Streetfire Club Ternate (HSCT) rombongan akhirya sampai ke Bali Jumat (28/11/2014), atau sehari sebelum penyelenggaraan HBD 2014 (29-30 November). Rencananya, rombongan ini juga akan mengeksplor kembali kekayaan alam Nusantara

Misi
Tak sekadar bertatap muka dengan biker lain di HBD 2014, Adi dan teman-teman klubnya juga mengemban misi khusus. Selama perjalanan, mereka sembari mampir ke klub-klub sepeda motor di Sulawesi untuk diberikan undangan Jambore Nasional Honda Beat ke-6 di Ternate, Maret 2015.

”Kami diterima sangat baik oleh anggota klub lain yang kami singgahi. Misi kami memang banyak, salah satunya menyebar undangan dan mengakrabkan diri dengan biker lain,” kata Adi yang sehari-hari mengelola bengkelnya sendiri di Ternate itu.

Bekal
Perjalanan jauh tentu butuh sangat banyak bekal. Adi mengaku hanya mengantongi Rp 3 juta untuk digunakan selama perjalanan menuju Bali. Untungnya, main dealer Honda setempat memberikan bantuan untuk partisipan HBD di Bali.

”Nilainya lumayan untuk menambah bekal. Total masing-masing orang bisa membawa Rp 5 juta. Cukup sih, bisa lebih. Yang penting bisa membeli bensin sampai pulang ke Ternate,” kata Adi.

Setelah penyelenggaraan HBD 2014, Adi dan kawan-kawannya akan mengeksplor Bali, untuk kemudian menyeberang Pulau Jawa, lalu kembali menyeberang ke Sulawesi dari Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com