Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Siap Gandeng Bengkel Rintisan Siswa SMK

Kompas.com - 29/11/2014, 12:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karangasem, KompasOtomotif - Upaya PT Astra Honda Motor (AHM) menciptakan generasi muda unggul siap bersaing lewat Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) di berbagai SMK binaan dilakukan sistematis. Tak sekadar membimbing dan memberi bantuan untuk sekolah, namun juga "mengawal" para lulusan untuk meraih mimpinya.

Dalam peresmian laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis, Karangasem, Bali, (28/11/2014), dijelaskan bahwa salah satu komitmen AHM adalah mengantarkan lulusan untuk menjadi wirausaha dengan membuka bengkel. "Kami juga harapkan mereka menjadi partner, karena AHM punya program Bengkel Mitra AHASS (BMA)," kata Handy Hariko, Senior Manager Technical Training Department AHM.

Sebagian besar lulusan KTSM SMK binaan Honda memang memilih untuk menjadi mekanik di jaringan bengkel Honda atau bekerja di pabrik AHM. Namun sekitar 20 persen lulusan berwirausaha membuka bengkel sendiri. AHM berkomitmen untuk menjadikan bengkel mereka sebagai mitra AHASS.

"Memang saat ini masih satu bengkel sebagai pilot project, karena kami susah mendapat datanya. Sejak tahun lalu kami minta data ke sekolah binaan, namun belum kami dapatkan. Begitu ada data, kami langsung pegang," urai Handy.

Kontribusi
Lebih lanjut, Handy menjelaskan bahwa sertifikat dari AHM bisa digunakan untuk berpromosi di awal. Kontribusi AHM akan memberikan buku-buku pedoman reparasi mekanik, peralatan, bimbingan manajemen dan alur report karena sudah diatur sebagai mitra.

Meski sudah mendapatkan bekal manajeman beriwausaha di kelas, AHM tetap akan membimbing para lulusan yang sudah membuka bengkel dengan memberikan pelatihan. "Memang mereka mencari modal dulu, tapi kami pelan-pelan akan membenahi, atau bisa juga nanti kami carikan sponsor," tukas Handy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com