Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Punya 6 Model Baru sampai 2017

Kompas.com - 28/11/2014, 13:15 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Suzuki berencana meluncurkan enam model baru, mengubah portofolio model periode 2014-2017. Produsen mobil asal Jepang itu, sudah melepas Celerio dan generasi terbaru Vitara yang bersaing di segmen SUV menengah.

Kehadiran Vitara baru bahkan sudah berhasil mendongkrak penjualan menjadi 37.500 unit dari posisi 2012 hanya 20.000 unit. Suzuki yakin bisa meraih setidaknya dua persen pangsa pasar di pasar Inggris, atau sekitar 50.000 unit per tahun ketika model baru sudah menyentuh konsumen.

"Kami akan luncurkan dua model baru dalam tiga tahun ke depan dan fokus pada segmen-segmen gemuk," jelas Dale Wyatt, Kepala Pemasaran dan Penjualan Suzuki Inggris, dilansir Autocar (25/11/2014).

Wyatt menjelaskan, Suzuki akan memiliki dua sedan kompak (segmen A), dua sedan menengah (segmen B), dan dua SUV kompak dalam model kami. "Semuanya merupakan model baru," tukas Wyatt.

Rencana ini, menurut Wyatt, adalah memiliki produk yang lebih rasional, lebih stylish, bercitra anak muda di seluruh tiga segmen yang dibidik. Model pertama yang sudah dijual di dealer adalah Celerio, mulai Februari 2015, menawarkan klaim konsumsi bbm hingga 80 mpg (34,01 kpl) dengan emisi gas buang karbondioksida 84 kg per km.

Vitara baru siap menyusul dipasarkan mulai April, bermitra dengan S-Cross yang sudah lebih dulu tersedia. Ada hatchback baru di segmen B tahun depan juga siap bergabung, berdampingan dengan Swift, ditambah satu model lain, SUV kompak di segmen A, dengan kemampuan 4x4.

Suzuki Swift sendiri, usianya sudah 6 tahun di pasar, kabarnya akan mengalami perubahan total pada 2016. Kabarnya, model baru ini juga menawarkan versi sport yang lebih galak, bertenaga lebih besar dari Swift Sport.

Generasi baru Jimnny 4x4 yang sudah diproduksi sejak 1970, juga disiapkan hadir pada 2017. Model baru ini sepertinya akan mengganti kesan "old-school" sistem penggerak semua roda lawas dengan mekanisme motor listrik, sama seperti generasi baru Vitara. Tapi, Jimnny baru tetap mempertahankan kesan, ringan, sederhana, dan ukuran kompak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com