Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Unik Ini Bisa Disewa Mahasiswa

Kompas.com - 28/11/2014, 12:49 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Carscoops

Shanghai, KompasOtomotif - General Motors China menggulirkan program sewa mobil di Shanghai, salah satunya menawarkan mobil listrik Chevrolet EN-V 2.0. Produsen mobil terbesar di Amerika Serikat (AS) ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Jiao Tong di Shanghai, China.

Keduanya akan berkolaborasi melaksanakan program itu, mengintegrasikan sejumlah unit EN-V 2.0 dengan moda transportasi lain, seperti sepeda, mobil, dan bus di kampus Minhang di Shanghai. Program ini dilakukan untuk mengevaluasi keuntungan dan tantangan yang dihadapi dalam program berbagi kendaraan.

"Kerja sama ini akan memberikan kami akses pada aplikasi di dunia sebenarnya untuk sistem program berbagai EN-V 2.0. Kami akan menggunakan pembelajaran ini untuk mengembangkan solusi transportasi mobilitas urban di masa depan, bukan cuma untuk China tetapi seluruh dunia," beber Matt Tsien, Wakil Presiden Eksekutif GM sekaligus Presiden Direktur GM China, seperti dilansir Carscoop (26/11/2014).

Chevrolet EN-V 2.0 merupakan generasi kedua dari model sebelumnya, Electric Networked-Vehicle (EN-V), yang mendebut di Shanghai Auto Show, 2010 lalu. Produk ini dirancang dan diproduksi di China, menggandeng mitra lokal SAIC.

Mobil berbentuk unik ini, mampu menampung dua orang dewasa dengan bagasi yang cukup luas. Jarak tempuh yang bisa dicapai hingga 40 km sekali pengisian baterai penuh. Mobil ini dilengkapi dengan fitur parkir otomatis.

"Kami sudah mencoba EN-V 2.0 pada lingkungan perkotaan dan program berbagi kendaraan. Kami pikir, kendaraan seperti konsep ini bisa bermain menjadi peran yang penting dalam model 'first mile - last mile'," jelas Tsien.

Maksudnya, kendaraan ini bisa dijadikan alat transportasi jarak dekat baik dari rumah menuju pusat transportasi publik, seperti kereta, bus, dan lainnya. Juga mengantar dari pusat transportasi di dalam kota, ke kantor, pusat perbelanjaan, atau lokasi tujuan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com