Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JLR Bakal Lawan Perusahaan Penjiplak Evoque

Kompas.com - 26/11/2014, 15:21 WIB
London, KompasOtomotif - Hadirnya Landwind X7 yang memiliki desain sama persis dengan Range Rover Evoque berbuntut panjang. Laguar Land Rover sebagai produsen pemilik Evoque, akan menuntut Landwind atas tuduhan pencurian hak cipta.

Landwind X7 diperkenalkan di ajang Guangzhou Auto Show 2014, yang dibuka sejak akhir pekan lalu. Desainnya sama persis dengan Evoque bahkan tulisan Landwind juga ditempatkan di bibir kap mesin, juga menyerupai tulisan Range Rover pada Evoque.

"New Landwind dari China. Bukankah kita sudah pernah melihat ini sebelumnya di suatu tempat. Ini adalah pelanggaran hak cipta dan melakukan perlawanan," tegas Direktur Desain Jaguar Land Rover, Ian Callum, seperti dilansir Leftlanenews, Rabu (26/11/2014).

Imitasi yang dilakukan produsen China adalah hal yang kerap terjadi. Saat ini situasi tersebut sudah meningkat menjadi konflik hukum, para produsen dunia memasang aksi untuk memerangi penjiplakan tersebut.

"Jaguar Land Rover telah banyak berinvestasi di China dengan mitra usaha kami Chery. Ini adalah tindakan yang merusak nama baik China, dan itu bukan hal yang bisa dibenarkan," lanjut Callum lagi.

Landwind X7 dibanderol seebsar 14.000 poundsterling (sekitar Rp 266 juta), harga tersebut hanya sepertiga dari Evoque yang juga dijual di China dengan banderol 40.000 poundsterling (sekitar Rp 760 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com