Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini ”Bekal” untuk Sepeda Motor Hadapi Musim Hujan

Kompas.com - 26/11/2014, 07:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Musim hujan mulai tiba, ditandai dengan semakin tingginya curah hujan di beberapa daerah Indonesia. Untuk pengguna jalan, khususnya pesepeda motor, ada baiknya mempersiapkan diri. Terlebih setelah sekian lama berpanas-panas lalu kondisinya berbalik 180 derajat, membuat sepeda motor perlu mendapat perhatian ekstra.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati, terutama dengan kesiapan tunggangan menghadapi jalanan basah dan atau hujan badai, bahkan banjir. Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) Sarwono Edhi memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan pesepeda motor agar siap menerjang hujan.

Berikut poin-poinnya:
1. Pastikan lampu-lampu berfungsi dengan baik atau dalam kondisi menyala. Lampu-lampu terdiri dari lampu utama (depan-belakang), lampu stop, dan lampu sein.

2. Pastikan tebal alur ban minimal 1 mm, dilihat pada tanda TWI atau Tread Wear Indikator. Pilihlah juga ban yang bisa untuk kondisi jalan basah.

3 Pastikan kondisi busi dan cop (tutup busi) dalam kondisi baik. Jika kondisinya tidak baik, busi akan rawan mati saat menerjang genangan air.

4. Bersihkan dan lumasi rantai roda (untuk pengguna sepeda motor tipe cub/ bebek dan sport).

5. Pastikan selang pernafasan karburator (tipe sepeda motor karburator) tidak tersumbat dan aman pada saat menerjang genangan air.

6 Pastikan kondisi rem depan dan belakang berfungsi dengan baik. Jika kanvas aus, segera ganti, karena akan mempengaruhi performa rem saat dibutuhkan.

7. Usahakan saringan udara tidak kemasukan air pada saat menerjang genangan.

8. Pastikan cara kerja gas (termasuk handel dan kabelnya) baik. Hindari saat terkena air hujan, kabel dan handel terasa seret

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com