Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Sejarah VW "Kodok" [Video]

Kompas.com - 25/11/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Carscoops

Wolfsburg, KompasOtomotif - Untuk usia yang lama, Volkswagen Beetle atau sering dijuluki dengan "VW kodok" merupakan salah satu model mobil paling laris di dunia. Usianya yang panjang, sejak dilahirkan 1938 sampai 2003, membuat total 21 juta unit VW kodok tersebar di seluruh dunia.

Sangat mengesankan, betapa model yang sederhana, mobil dengan bekalan fitur standar mampu bertahan bertahun-tahun dengan ubahan yang minim. Tanpa diragukan, model ini merupakan salah satu bagian paling penting dalam sejarah VW. Mobil yang dikenali hampir semua orang di seluruh belahan dunia.

Tapi, apa sih yang membuat si kodok begitu spesial? Situs lokal Inggris XCAR mencoba membeberkan sejarah Beetle dalam video berdurasi 9,35 menit. Dalam tanyangan ini dijelaskan beberapa fakta menarik, kalau si kodok sempat dituduh melakukan plagiat desain dari pabrikan asal Cekoslovakia, Tatra. Kasus ini tidak ada cerita kelanjutannya dan masih menjadi kontroversi, tanpa penyelesaian.

Video ini juga memaparkan upaya VW mengubah generasi kodok dengan Beetle di abad 21 sekaligus melepaskan predikat mobil rakyat yang sempat melekat padanya. Mau tahu cerita lengkapnya, simak video berikut ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com