Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berada di Dalam Mobil Otonomos Mercedes-Benz

Kompas.com - 25/11/2014, 09:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Dalam event teknologi di California, Amerika Serikat, belum lama ini, Mercedes-Benz menggambarkan masa depan melalui mobil tanpa pengemudi (otonomos). Bukan mobilnya, namun produsen asal Jerman itu memperlihatkan konsep interior.

Kabin mobil disajikan dalam pengalaman virtual, menggunakan teknologi tiga dimensi. Tampang mobilnya sendiri akan muncul pada ajang CES 2015 mendatang di Las Vegas.

Dari pengalaman melihat secara 360 derajat menggunakan alat khusus, Mercedes-Benz menawarkan interior dengan jok fleksibel. Ini membuat penumpang bisa memutar jok ke belakang, atau menghadap ke penumpang lain, seperti settting-an tempat duduk dengan konsep lounge.

daimler AG Pegunjung merasakan interior Mercedes-Benz otonomos dengan teknologi 3D.

Aspek lain yang ditunjukkan adalah bagaimana penumpang berinteraksi dengan mobil. Tak hanya menyentuh tombol atau layar sentuh, serta pengenalan gestur, interior juga bisa membaca reaksi mata, tangan, bahkan gerakan jari untuk menampilkan informasi dan fungsi khusus.

Sistem informasi dalam interior juga didesain untuk menampilkan kondisi sekitar kendaraan, mulai dari bangunan, pejalan kaki, hingga pengguna jalan lain.

”Kami yakin, mobil otonomos justru menjadi faktor kunci terciptanya kenyamanan hingga lalu lintas yang bebas kecelakaan,” ucap Prof. Dr Herbert Kohler, Head of Corporate Research & Sustainability and Chief Environmental Officer Daimler AG. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com