Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Mobil Sekarang, Hati-hati Merugi!

Kompas.com - 24/11/2014, 17:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Bagi Anda yang berniat menjual mobil lama Anda dengan yang baru, harap jangan kaget kalau ditawar murah. Pasalnya, perang diskon yang dilakukan masing-masing dealer mobil baru memaksa harga purnajual mobil-mobil bekas anjlok, apalagi jika ditawar pedagang.

"Saat ini paling rugi itu menjual mobil produksi tiga tahun terakhir, 2013, 2012, dan 2011, kalau usia mobil di atas itu tidak terlalu," jelas Holomoan Fischer, General Manager Mobil88, kepada KompasOtomotif, Senin (24/11/2014).

Fischer mencontohkan, saat ini untuk jenis kendaraan terlaris Avanza produksi 2013, tipe G, transmisi manual di banderol hanya Rp 137 juta. Padahal, sebelum terjadi aksi perang diskon yang bergulir mulai akhir 2013 lalu, harganya menurun sampai Rp 10 juta dari sebelumnya.

"Makannya, banyak juga konsumen yang bertanya pada kami ketika mau tukar guling, mengapa mobilnya dihargai sangat rendah. Kami kasih edukasi, kalau memang harga barunya sekarang turun sangat jauh juga," beber Fischer.

Berbeda kondisi justru dialami mobil kompak, seperti Yaris, Jazz, Mazda2, Fiesta, dan Rio. Menurut Leovan Widjaja, pemilik gerai mobkas Auto11 di Karawaci, Banten, harga mobkas kompak masih stabil, baik dari penjualan maupun pada konsumen.

"Stabilnya harga mobil kompak, satu-satunya alasan karena konsumen masih mencari mobkas kompak untuk pilihan utama mereka. Orang lebih memilih mobil ini karena lebih praktis dan hemat bahan bakar," beber Leovan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com