Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Ingin Gelar MotoGP di Thailand

Kompas.com - 23/11/2014, 13:30 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Buriram, KompasOtomotif - Kecintaannya pada dunia olahraga, terutama balap membuatnya terobsesi untuk menggelar ajang balap kelas dunia di daerah tempat tinggalnya. Hal itulah yang dilakukan Newin Chidchob, pemilik Sirkuit Internasional Buriram.

Bersama dengan rombongan dari YSS Indonesia, KompasOtomotif dan sejumlah media asal Indonesia lainnya berkesempatan untuk mewawancarai pria 56 tahun itu di sela-sela ajang Supertruck Series yang dilangsungkan di Buriram United International Circuit, Sabtu (22/11/2014).

Kepada para wartawan, Chidchob melontarkan keinginannya untuk menghelat ajang MotoGP pada tahun 2016. "Tahun depan akan ada World Superbike di sini. Semoga tahun berikutnya bisa moto-GP," ujar Chidchob.

Sebelum menghabiskan uangnya sekitar 2 miliar Baht (setara dengan Rp 740 miliar) untuk pembangunan Sirkuit Buriram, Chidchob telah membangun sebuah stadion sepak bola berkapasitas 32.000 penonton  yang kini menjadi markas klub Buriram United FC, salah satu anggota Liga Super Thailand.

Menurut Chidchob, adanya stadion dan sirkuit kelas internasional akan bisa memberikan citra positif bagi Buriram, tidak hanya di Thailand, tetapi juga di dunia. Ia pun berharap hal ini akan bisa memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan warga di Buriram.

"Sebagai warga daerah sini, saya memang harus ikut serta membangun daerah ini," ucap Chidchob yang juga lahir di Buriram itu.

Buriram merupakan ibu kota dari Provinsi Buriram, yang berjarak sekitar 427 kilometer di timur laut Bangkok, atau sekitar 399 kilometer dari Bandara Suvarnabhumi.

Waktu tempuh perjalanan darat yang dibutuhkan untuk sampai ke daerah ini adalah sekitar 4-5 jam, apabila berangkat dari Bandara Internasional Suvarnabhumi. Bila ingin memangkas waktu tempuh, tersedia penerbangan lokal dari Bandara Don Muang. Perjalanan udara hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com