Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perindustrian Sambangi Pabrik Baru Honda

Kompas.com - 21/11/2014, 17:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - Menteri Perindustrian (Menperin) Kabinet Kerja Republik Indonesia Saleh Husin melakukan kunjungan ke pabrik motor terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) di Karawang, Jawa Barat. Selain melihat fasilitas produksi Menperin sempat berdiskusi dengan karyawan baru pabrik ini.

Pabrik ini mulai dibangun awal 2013 dan baru mau diresmikan, Desember 2014, tapi lebih dulu mendapat kunjungan pendahuluan dari Menteri Perindustrian. Dalam kunjungannya, Menperin mendapat penjelasan langsung dari manajemen AHM, didampingi Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma dan Wakil Presiden Eksekutif Johannes Loman.

Saleh juga sempat memeriksa fasilitas kerja dan berdiskusi dengan karyawan pabrik baru yang berdiri di area seluas 84 hektar di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat.

Johannes Loman mengatakan, pabrik baru Honda ini punya kapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun dan mampu menyerap hingga 3.000 tenaga kerja baru. Fasilitas ini juga melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda sebelumnya yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang.
Jika ditotal, maka kemampuan produksi AHM setahun kini mencapai 5,3 juta unit per tahun dengan menyerap lebih dari 22.000 karyawan.

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kesediaan Menteri Perindustrian berkunjung dan berdialog langsung dengan karyawan kami. Kami yakin fasilitas produksi ini akan memperbesar kontribusi bagi bangsa dan negara, melalui rantai bisnis Honda yang sudah terbangun sebelumnya," beber Loman dalam keterangan resminya, Jumat (21/11/2014).

Dalam menopang kegiatan bisnisnya, AHM mendapat sokongan dari 159 perusahan pemasok suku cadang, 29 jaringan pemasaran utama (main dealer), 1.817 gerai penjualan, 3.646 gerai bengkel resmi atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), 7.652 gerai toko spare part, dan ribuan gerai perusahaan pembiayaan yang membantu malayani kredit pembiayaan sepeda motor.

Di rantai bisnis yang luas ini, AHM secara tidak langsung telah menciptakan ratusan ribu kesempatan kerja bagi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com