Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Listrik Pertama Pemenang “Green Car of the Year”

Kompas.com - 21/11/2014, 15:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif – BMW i3 akhirnya dinobatkan sebagai Green Car of The Year 2015 yang diumumkan pada Los Angeles Motor Show, Kamis (20/11/2014). Untuk pertama kalinya mobil listrik mampu menyabet gelar mobil terhijau, menyisihkan inovasi teknologi hibrida, CNG, dan metode efisiensi bahan bakar lain.

Ron Cogan, publisher of Green Car Journal selaku sponsor gelaran ini menjelaskan, sebenarnya kemenangan bukan hanya karena i3 tapi juga dinilai dari strategi BMW membuat transportasi layak. Produsen asal Jerman tersebut memaksimalkan ide baru dalam teknologi, material, dan metode konstruksi untuk membuat i3.

"i3 adalah tonggak perjalanan dalam banyak hal yang mengilustrasikan ekspansi visi masa depan otomotif. Sengaja didesain agar hanya sedikit berdampak pada lingkungan hidup dan nol emisi, menawakan fitur terbaik mobil listrik dari generator motor yang sanggup mendongkrak dua kali lipat kemampuan baterai i3,” ujar Cogan dalam pernyataan resminya.  

i3 memang didesain khusus sebagai mobil kota, kemampuan manuver dan stabilitas memang sangat kurang dibanding model umum BMW, namun kecanggihan teknologi yang ditawarkan berguna sebagai pondasi model mobil listrik di masa depan. BMW i3 mendapatkan poin terbanyak, mengalahkan finalis Green Car of the Year 2015 lainnya, Audi A3 TDI, Chevrolet Impala Bi-Fuel, Honda Fit, dan Volkswagen Golf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com