Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Pesimistis Capai Target Penjualan

Kompas.com - 18/11/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

 
orontalo, KompasOtomotif - Penguasa pasar kendaraan komersial di Indonesia, Mitsubishi nampaknya akan sedikit tertunduk di pengujung 2014. Pasalnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengaku sulit mencapai target penjualan yang sempat ditetapkan awal 2014.
 
"Saya sebenarnya tidak puas dengan hasil ini, tapi untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan sangat sulit," jelas Kosei Tamaki, General Manajer Eksekutif MMC divisi Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) di Gorontalo, Selasa (18/11/2014). 
 
Maret lalu, KTB sempat menyatakan target penjualannya tahun ini mencapai 163.000 unit, naik 4 persen dari hasil 2013, yakni 157.352 unit dengan penguasaan pangsa pasar 12,8 persen. Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), KTB baru berhasil menjual 120.899 unit atau menikmati 11,64 persen.
 
Peringkat penjualan Mitsubishi di pasar nasional juga melorot menjadi peringkat kelima, padahal sebelumnya Mitsubishi selalu berada di bawah Toyota dan Daihatsu. Tamaki menjelaskan, penurunan penjualan saat ini tengah dihadapi Mitsubishi bukan tanpa alasan.
 
"Kami baru punya tiga model kendaraan penumpang, yakni Pajero Sport, Outlander Sport, dan Mirage di pasar. Delica baru saja dipasarkan belum lama ini," beber Tamaki.
 
Masalahnya, penopang pertumbuhan penjualan pasar mobil nasional saat ini datang dari dua model utama, yakni MPV low dan LCGC. "Kami tidak punya model di kedua segmen itu, ditambah segmen SUV menengah (segmen Pajero Sport dan Outlander Sport) dan city car (Mirage) lagi menurun tahun ini," tutup Tamaki.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com