Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Biar Gaya tapi Tetap Nasionalis

Kompas.com - 17/11/2014, 16:55 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Hanya butuh waktu kurang lebih tiga minggu, Wong Tjwen Hwie, 33, untuk mengubah tampilan Avanza E transmisi manual miliknya dengan tema "Indonesia Maju". Konsep ini diterjemahkan Wong dengan cita rasa nasionalis tinggi tetapi tetap gaya dalam penampilannya.

Menurut Wong, proses pengerjaan sebenarnya bisa lebih singkat jika tidak disambi bekerja. Tapi, tiga pekan masih boleh dikategorikan singkat bagi wirausahawan ini mendandani Avanza abu-abu kebanggaannya, sebagai salah satu peserta ajang Avanza Pop You Up. Fokus ubahan sesuai konsep, lebih pada penampilan luar alias eksterior dengan beberapa sentuhan menarik bernuansa batik.

KompasOtomotif Mengusung konsep Indonesia Maju
Kecerdikan Wong terlihat ketika memilih desain gambar tempel yang melekat di bodi MPV 7-penumpang ini. Pengerjaan ini juga menjadi sesi terakhir Wong untuk mewujudkan temanya, setelah sebelumnya mengganti dan menambahkan beberapa bagian, seperti lampu utama, rem (belakang), pelek, spoiler belakang, body kit, hingga pemasangan spion lipat elektrik.

"Kalau gambar tempel bergaya batik sudah banyak yang pakai, tetapi untuk membuat berbeda sengaja minta ditempel dengan pola garis lurus membelah dari kap mesin sampai ke belakang. Jadi terlihat lebih segar," jelas Wong kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Untuk memaksimalkan tampilan, Wong juga memberikan sentuhan gambar tempel beraksen karbon pada bingkai jendela samping depan. Meski ubahan yang ditampilkan tidak ekstrem, tetapi cukup mengangkat kesan futuristik mobil "sejuta umat" ini.

KompasOtomotif Tema batik membungkus eksterior Avanza
Pada interior, praktis Wong tidak mengubah apa-apa dan mengaku tetap nyaman dengan bekalan pabrik Toyota. Namun, panel tombol jendela di pintu dicat motif marmer dengan teknik hydro printing yang lagi "hits" di kalangan modifikator. Teknik pengecatan dengan mencelupkan ke dalam air ini menghasilkan cat bermotif tertentu dengan mutu tinggi.

"Saya mau mengganti audio. Tetapi, sejauh ini masih menikmati interior asli dari Avanza yang sudah cukup nyaman," beber Wong.

Meski sederhana, Wong berharap pengerjaan yang dilakukan pada Avanza "Indonesia Maju" bisa menginspirasi seluruh pengguna Avanza di tanah air, bahwa Avanza ternyata juga bisa tampil keren! (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com