Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Langka Milik Sultan Brunei Dilelang

Kompas.com - 11/11/2014, 10:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Brimingham, KompasOtomotif - Bagi Anda kolektor mobil klasik, ada barang bagus yang ditawarkan Lelang Silverstone, di ajang Lancaster Insurance Classic Motor Show, di Brimingham, Sabtu (15/11/2014) mendatang. Barang tersebut adalah satu unit Jaguar XJ220 milik Sultan Brunei dalam kondisi prima.

Mobil ini diproduksi "hand built" oleh TWR Jaguar di Oxford, pada 1994 lalu. Unit kemudian dikirim ke Brunei atas pesanan spesial dari anggota keluarga Sultan Brunei. Mobil bermerek Inggris ini menjadi koleksi pribadi sultan sampai September 2002, dengan jarak tempuh baru 9.656 km.

Jaguar langka ini kemudian kembali ke Inggris dan menjadi salah satu properti perusahaan pemasar champagne, baru kemudian diakuisisi pemilik saat ini. Keaslian mobil ini juga sudah mendapat sertifikasi dari MoT dan direstorasi oleh spesialis mobil koleksi Don Law Racing di Staffordshire. Tapi, nyaris tidak ada perbaikan yang dilakukan, karena mobil ini sangat jarang digunakan pemilik-pemilik sebelumnya.

Perbaikan yang dilakukan hanya pengecatan ulang dan bagian interior yang dirapihkan. Bagi yang berminat, estimasi harga mobil bersejarah ini berkisar 200.000-220.000 pound atau setara Rp 3,85 miliar - Rp 4,24 miliar.

"Mobil yang sangat langka ini merupakan supercar paling terfavorit sepanjang zaman. Ini merupakan contoh konkret, sebuah sejarah dengan jarak tempuh yang rendah, penampilan desainnya masih menarik dan terlihat apik meski berusia 25 tahun," jelas Nick Whale, Direktur Pelaksana dari Lelang Silverstone, dilansir Carscoop (10/11/2014).

Jaguar merakit hanya 281 unit XJ220s dalam tiga tahun. Mobil ini dibekali mesin 3.5 liter, V6, turbo ganda, menghasilkan tenaga hingga 542 tk. Akselerasinya 0-96 kpj bisa ditempuh hanya dalam 3,5 detik dengan kecepatan puncak mencapai 343 kpj.

Silverstone Auction DIjual dalam kondisi prima, dengan jarak tempuh yang relatif masih pendek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com