Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM "Suntik Mati" Captiva Sport di AS

Kompas.com - 07/11/2014, 17:50 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - General Motors memutuskan untuk tidak melanjutkan pemasaran Chevrolet Captiva Sport di Amerika Serikat (AS), setelah sempat dijual tiga tahun terakhir. SUV kompak ini hanya dijual ke perusahaan sewa mobil dan tidak menyasar ke konsumen pribadi.

GM merakit edisi terakhir Captiva Sport, Agustus 2014, jelas juru bicara perusahaan Jim Cain, dilansir Automotive News. Kendati demikian GM memastikan tetap melanjutkan produksi crossover ini di Ramos Arizpe, Meksiko, untuk pasar domestik (Meskiko) dan ekspor.

Penghentian pemasaran model ini terkait dengan rencana peluncuran Trax, SUV kompak mulai 2015. Segmen yang sama hanya akan membuat kanibalisme terjadi antara kedua model. Selain itu, GM juga sudah punya model sejenis lain, yakni Equinox dan Traverse.

Captiva Sport, juga dipasarkan dengan merek Saturn Vue, mulai dijual di AS sejak musim semi 2011. Upaya ini semula dilakukan untuk memisahkan pasar konsumen pribadi dengan perusahaan (fleet) agar tidak saling "bunuh" dengan Chervolet Equinox dan GMC Terrain, yang punya permintaan besar di pasar.

Penjualan terbaik Captiva Sport terjadi tahun lalu, dengan hasil 47.600 unit. Tahun ini, periode Januari-Oktober, GM berhasil menjual 35.275 unit Captiva saja, termasuk 32 unit stok terakhir yang tersisa di jaringan pemasaran.

Meskipun hanya berstatus mobil sewaan, Captiva Sport banyak dicari konsumen pribadi karena menawarkan harga yang lebih kompetitif ketimbang model Equinox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com