Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bos Ferrari Banting Setir ke Maskapai

Kompas.com - 07/11/2014, 14:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Roma, KompasOtomotif - Banyak yang menanyakan bagaimana karir Luca Cordero di Montezemolo setelah resmi mundur dari Ferrari. Kini, mantan orang nomor satu di Ferrari itu dikabarkan menjabat sebagai CEO maskapai penerbangan Alitalia berdampingan dengan wakilnya, James Hogan yang sebelumnya berstatus sebagai CEO Etihad Airways

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini, dilansir Reuters, Kamis (6/11/2014), baik Montezemolo atau Hogan belum resmi ditunjuk, karena Etihad masih dalam proses pembelian 49 persen saham milik Alitalia.

Etihad menyiapkan dana hingga 1,76 miliar euro untuk membeli saham sekaligus menjadi penyelamat Alitalia dari ancaman kebangkrutan. Proses negosiasi masih belum putus, karena perlu memperoleh persetujuan dari pejabat di Eropa.

"Kemarin, direksi lama dari Alitalia mengajukan Montezemolo dan Hogan yang dinominasikan menjadi pemimpin baru perusahaan," ujar salah satu sumber. Ketika coba dikonfirmasi, baik Alitalia maupun Etihad sama-sama tidak berkomentar.

Kuasa Eropa
Montezemolo sepertinya tidak ada kendala untuk memimpin perusahaan maskapai penerbangan sekelas Alitalia nantinya. Tapi, untuk Hogan nampaknya agak sulit disetujui pihak berwenang di Eropa. Pasalnya, Uni Eropa melarang perusahaan penerbangan di luar Eropa menguasai maskapai asal Eropa.

"Montezemolo akan dikenal baik di dunia industri, jadi dengan memilihnya jadi Presiden Direktur tentu akan sukses dan membantu mendongkrak citra merek yang kuat," jelas Andrea Giuricin, analis transportasi dari Universitas Biocca, Milan, Italia.

Komisi Eropa akan mengumumkan keputusan menyangkut Alitalia dan Etihad akan berjalan mulus pada 17 November 2014 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com