Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Global NCAP Minta Datsun Stop Jual Go di India

Kompas.com - 07/11/2014, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotifHasil rating 0 bintang yang diberikan Global NCAP (New Car Assessment Programme) kepada Datsun Go menghangatkan topik pembicaraan keselamatan berkendara di India.

Sebagai respons dari hal itu, Chairman Global NCAP Max Mosley melayangkan surat pribadi kepada CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn yang isinya menyarankan penjualan Datsun Go di India ditunda sementara hingga revisi desain benar-benar selesai dilakukan.

Masalah paling utama yang pernah diutarakan Global NCAP adalah Go memiliki struktur bodi sangat rapuh. Saat diuji tabrak depan dalam kecepatan 64 kpj, merek paling bawah milik Nissan ini gagal memenuhi standar keselamtan, penumpang depan dipastikan mendapatkan cedera kepala fatal. Pernyataan Global NCAP bahkan cukup mengejutkan, meski ditambah ABS dan kantung udara, hasil pengetesan Go belum tentu berubah signifikan.

Meski begitu pernyataan Mosley hanya sebatas imbauan, Global NCAP tidak punya kuasa di India. Namun rekomendasinya jelas, mobil yang tidak mampu melindungi penumpang lebih baik tidak beredar di jalanan.

“Datsun Go memenuhi regulasi mobil lokal di India dan telah dikembangkan dengan keinginan kuat untuk mengantarkan solusi terbaik dari kondisi lokal. Pengereman terbaik di kelasnya, visibilitas untuk daya tahan, kenyamanan jok yang mengurangi sakit karena gerakan mobil, semua ini adalah paket yang bertujuan untuk mengurangi resiko potensial dari kecelakaan lalu-lintas,” tulis pernyataan Nissan India seperti diberitakan Motorbeam, Kamis (6/11/2014).

Menurut Global NCAP, reaksi Nissan dengan mengatakan pengembangan dilakukan untuk memenuhi kondisi lokal adalah kebiasaan pabrikan menjawab situasi seperti ini. Mosley mengungkapkan, meningkatkan standar mobil terkait keamanan pengujian adalah kunci menciptakan perlindungan konsumen yang lebih baik sekaligus menggapai rencana global Decade of Action for Road Safety.

Selain di India, negara satu-satunya yang juga memproduksi dan menjual lokal Datsun Go adalah Indonesia. Sementara merek Datsun kini sudah dipasarkan di tiga negara, India, Indonesia, dan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com