Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot Lirik Afrika untuk Lokasi Pabrik Murah

Kompas.com - 06/11/2014, 13:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Paris, KompasOtomotif - PSA Peugeot Citroen tengah mencari lokasi baru untuk mendirikan fasilitas perakitan berbiaya murah di benua Afrika. Raksasa otomotif asal Perancis itu dikabarkan berencana mendirikan pusat rekayasa industri di Maroko dengan bantuan konsultan Altran.

Langkah ini menjadi wujud kongkret pertama di bawah bos baru Carlos Tavares untuk memperluas jangkauan merek ke kawasan negara berkembang. Demikian diungkapkan sumber yang mengetahui rencana ini, dilansir Reuters, Rabu (5/11/2014).

Peugeot akan mengontrak sejumlah peneliti dan insinyur dan mengembangkan fungsi dari Pusat Rekayasa Altran Center. Tidak kurang dari 1.500 orang akan mendapat pekerjaan baru di negara ini. Ke depan, perusahaan nantinya akan membangun pabrik perakitan mobil di Maroko.

Fasilitas yang berlokasi di Casablanca, Maroko ini punya spesialisasi desain berbasis komputer, modeling, dan dokumentasi teknis. Jika diresmikannya rencana ini, pembangunan pabrik baru merupakan upaya mengikuti jejak rival Renault yang sudah lebih dulu mengoperasikan fasilitas di Tangier, Maroko. "Maroko sudah masuk dalam radar," jelas salah satu sumber.

Pihak pemerintah Maroko mengaku, "tengah dalam diskusi serius dengan beberapa pabrikan dunia, termasuk PSA."

Juru bicara Peugeot menampik kabar tersebut, menjelaskan kalau tidak ada rencana pembangunan pabrik berbiaya rendah dan belum mau mendirikan pusat riset di Casablanca. Altran merupakan konsultan di bidang rekayasa industri berkantor pusat di Perancis, juga mengelak. Altran mengatakan, tidak ada kontrak baru dengan Peugeot dan menolak menjawab pertanyaan lanjutan.

Peresmian Pusat Riset di Maroko menjadi langkah krusial bagi Peugeot jika mencari daya saing sekaligus upaya simbolis keseriusan di kawasan Afrika Utara. Kawasan ini dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan perkembangan serius di bidang industri transportasi, termasuk otomotif dan dirgantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com