Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Ninja RR Mono Mejeng di EICMA 2014

Kompas.com - 05/11/2014, 12:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Milan, KompasOtomotif - Di antara dominasi berbagai model sepeda motor bermesin besar (moge) yang memenuhi lantai Pameran Industri Sepeda Motor Milan (EICMA), ternyata masih ada sosok yang tak asing bagi orang Indonesia. Kawasaki Motor menampilkan duo Ninja RR Mono dalam dua pilihan tampilan, full fairing dan naked.

Dari bentuk dan desain, kedua model ini sama dengan yang dipasarkan di Indonesia. Bedanya, di Milan, Ninja RR Mono dijuluki Superlight Ninja 250L karena memang "ringan" jika dibandingkan mayoritas moge yang dipasarkan di Eropa.

Sama seperti yang dijual PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Ninja RR Mono ini dibekali mesin 249 cc, berpendingin cairan, 4-tak, satu silinder, memanfaatkan konstruksi sasis trellis. Sepeda motor ini juga dilengkapi, starter elektrik dan sistem asupan bensin injeksi.

Sasisnya ringan, bobot bersihnya hanya 151 kg atau 20 kg lebih ringan dari sang kakak Ninja 250. Ban depan menggunakan tapak lebar 100 dan 130 untuk belakang. Setang jepit membuat pengendara lebih mudah mendapatkan posisi duduk yang agresif, bergaya balap.

Superlight Z250SL
Model kedua merupakan versi naked bike dari Ninja RR Mono. Sepeda motor ini menggunakan semua komponen yang sama, tetapi minus fairing, sehingga bobot berkurang 3 kg.
Perbedaan utama Z250SL terdapat pada setang yang lebih lebar dan tinggi, lebih cocok untuk berkendara di perkotaan. Tinggi jok dari tanah 785 mm dan jok dekat tangki juga lebih tipis, sehingga lebih mudah memijak aspal ketika berhenti.

Kedua model ini menawarkan tenaga maskimal 27 hp memanfaatkan 6-percepatan transmisi manual. Perbedaannya dengan yang dijual di Indonesia, kedua model sudah dilengkapi dengan sistem rem ABS dari Nissin. Belum ada harga resmi dari Kawasaki untuk kedua model ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com