Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Tampil Klimis dengan Konsep Elegan Minimalis

Kompas.com - 04/11/2014, 13:46 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Semarang, KompasOtomotif - Banyak konsep yang bisa digali dari sosok Toyota Avanza untuk personalisasi biar tampil beda. Namun bagi Yuli Susanto, pria berusia 27 tahun itu, tema elegan minimalis sangat cocok untuk Avanza G keluaran 2009 tersebut.

"Paling penting tampil beda dan jadi perhatian, ubahan tidak rumit, masih enak dibawa jalan-jalan dan nongkrong bareng teman," ungkap mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945, Semarang.

Alhasil tampilan luar dibuat klimis dengan minimnya penambahan aksesori. Hanya gril yang diganti model rapat dengan kelir sewarna body. Aura cat biru terlihat lebih kinclong berkat rajin dipoles.

"Banyak orang menyangka saya ganti cat custom. Padahal ini adalah cat asli dari pertama kali saya beli. Karena rajin dipoles, kesan metalik dan kinclong tampil seolah menggunakan cat custom," beber Yuli.

Sebagai penunjang tampilan, pelek diganti model jari-jari corak krom diameter 17 inci. Permainan ban profil tipis dan tapak yang agak "narik" menampilkan kesan aliran Hella Flush. Ditambah lagi jarak antara bibir fender dengan ban yang dibuat berdekatan.


KompasOtomotif-Aris Harvenda Pemilihan warna disesuaikan dengan cat eksterior
Audio
Sedikit berseberangan dengan konsep tampilan eksterior, sistem audio dibuat cukup ekstrem. Itu terlihat dari pemilihan komponen yang dipakai. Bagian belakang sengaja didesain untuk memuat dua subwoofer besar lengkap dengan penguat suara (amplifier) serta capasitor bank. Kendati demikian kesan elegan masih nampak dari desain yang ditampilkan. Tertata rapi dan enak dipandang.

"Sebenarnya untuk audio konsepnya simpel, yang penting enak didengar. Namun agar terlihat lebih modis, desain serta penataan ruang harus dibuat lebih spesial," ungkap Yuli yang megaku sudah menghabiskan dana sekitar Rp 20-an juta untuk mengubah Avanza miliknya.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Kualitas suara yang enak didengar jadi tolok ukur ubahan audio
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com