Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arahan Mengemudi Aman dari Toyota buat Pengguna Avanza

Kompas.com - 02/11/2014, 11:55 WIB
Semarang, KompasOtomotif- Dalam gelaran bertajuk Avanza Pop You Up di Semarang, Jawa Tengah, (1/11/2014), Toyota Astra Motor juga menggelar beberapa acara interaktif yang melibatkan para peserta. Dimulai dari konvoi yang berangkat dari dealer Nasmoco Siliwangi menuju e-Plaza, Simpang Lima. Peserta Konvoi sempat mampir ke Museum Perjuangan Mandala Bhakti, Tugu Muda, untuk berfoto bersama.
 
Di lokasi finish, para pengguna Avanza disuguhi acara "Drive Your Live", yang isinya berupa arahan mengemudi yang aman. Diawali oleh penjelasan dari Agata, psikolog dan juga dosen di Universitas Atmajaya, Jakarta. Sesi tersebut menjelaskan beberapa hal yang bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.
 
"Mengemudi merupakan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Usahakan pengemudi harus tetap waspada saat menyetir. Mengirim pesan, chatting dan browsing menggunakan ponsel pintar sangat tidak dianjurkan. Kegiatan tersebut sangat mengganggu konsentrasi berkendara," beber Agata.
 
Dijelaskan pula ada hal yang kerap tidak disadari bisa memacu atau mengganggu emosi saat mengemudi yaitu mendengarkan musik. Memilih musik yang bisa membuat nyaman dan tenang mampu membantu mengendalikan emosi pengendara.
 
Cara mengemudi
Sesi kedua, pengguna Avanza juga dijelaskan seputar tata cara mengemudi yang benar. Arahan diberikan oleh Ario Zainuddin, instruktur dari Group of Magazine Kompas Gramedia. Dalam paparannya instruktur memberikan contoh bagaimana melakukan persiapan sebelum mengemudi dan posisi menyetir yang benar.
 
Proses pengereman yang aman juga ikut disampaikan serta bagaimana menjaga jarak antar kendaraan serta tata tertib ketika bermanuver. Penjelasan dibarengi penggambaran melalui video diberikan untuk memudahkan peserta menangkap maksud instruktur.
 
"Mengemudi mobil bisa dilakukan semua orang, namun untuk berkendara yang aman dan nyaman perlu pengetahuan yang cukup," ujar Ario Zainuddin, instruktur Drive Your Live. (ADV)

KompasOtomotif-Aris Harvenda Peserta Avanza Pop You Up berpose di Museum Manggala Bhakti, Semarang, Jawa Tengah (1/1/2014)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com