Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda eSP Siap Bendung Blue Core Yamaha

Kompas.com - 01/11/2014, 12:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia sudah mulai mendengungkan Blue Core, teknologi mesin terbaru dan dikatakan akan digunakan pada seluruh model di masa depan. Generasi mesin ini diklaim lebih ramah lingkungan, irit bahan bakar, dan tidak kompromi terhadap tenaga.

Teknologi ini juga akan diadopsi oleh Yamaha Indonesia dalam mengembangkan model-model terbarunya. Bahkan, sudah disiapkan satu skutik baru berkapasitas mesin 125 cc, yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Rumor mengatakan model ini merupakan generasi terbaru Mio.

Teknologi Blue Core dijelaskan mampu memaksimalkan kinerja mesin dengan pembakaran biasa jadi lebih efektif. Bahkan, karena mekanisme baru konsumsi bahan bakar mesin ini diklaim lebih irit hingga 50 persen karena sistem pendinginan yang lebih baik. Selain itu, pemabakaran yang sempurna sehingga memaksimalkan setiap ledakan di ruang bakar.

”Blue Core ini akan menjadi platform mesin untuk pasar global. Ke depannya, setelah diterapkan untuk model komuter di pasar ASEAN, kami akan menggunakan mesin ini sebagai basic untuk pengembangan mesin-mesin Yamaha di masa akan datang,” Takuya Kinoshita, GM Department Development Model Platform Yamaha Jepang, (29/10/2014).

Menanggapi persiapan ini , Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan Honda sudah dikenal baik oleh publik karena terbukti sebagai merek paling irit. Dalam tiga tahun terakhir, Honda sudah memperkenalkan teknologi baru eSP pada beberapa model skutik, Vario 125 dan PCX.

Teknologi eSP konsepnya sama dengan Blue Core, yakni menawarkan mesin yang lebih hemat bahan bakar tetapi tetap berkekuatan baik. Honda menjelaskan, teknologi ini mampu mengurangi gesekan antara komponen karena menggunakan bahan yang lebih ringan dan memaksimalkan pendinginan pada mesin.

Saat ini, baru Vario 125 dan PCX yang memiliki teknologi eSP untuk model yang dipasarkan di Indonesia. Mulai tahun depan, AHM memastikan akan menggunakan teknologi ini pada semua model skutik Honda hingga akhir 2015.

Artinya, konsumen akan disuguhkan persaingan teknologi antara Bue Core dan eSP antara Yamaha dan Honda. Lantas mana yang lebih sukses di pasar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com