Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otomotif Thailand Besar Tanpa Mobil Nasional

Kompas.com - 31/10/2014, 17:56 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif — Salah satu faktor yang mendukung Thailand bisa menjadi basis produksi dan penjualan terbesar untuk mobil di ASEAN adalah ketiadaan orientasi dari pemerintah untuk membuat mobil nasional (mobnas).

Organisasi mandiri yang membawahi industri otomotif, Thailand Automotive Institute (TAI), mengatakan, tak ada ketergantungan terhadap mobnas membuat kebijakan pemerintah mengubah Thailand menjadi basis produksi otomotif.

"Setiap pemerintahan yang berkuasa, mereka pernah memikirkan mobnas. Akan tetapi, selalu ada dua pilihan. Pertama, melahirkan mobnas. Kedua, menjadi basis produksi. Pemerintah silih berganti, tetapi pilihan yang terbaik dan paling bisa diterima bukan mobnas. Sebab, menjadi basis produksi berarti kita merakit mobil untuk seluruh dunia. Thailand tidak punya visi membuat mobnas," ujar Presiden TAI Vichai Jirathiyut di Bangkok, saat dikunjungi oleh perwakilan media dari Indonesia, Kamis (30/10/2014).

Sejak 2012, produksi mobil di Thailand selalu melewati angka dua juta unit. Pada 2013, total produksi mobil ASEAN mencapai 4,439 juta unit, dan lebih dari setengahnya dihasilkan di negara kerajaan ini. Di Thailand, penjualan mobil untuk ekspor lebih banyak dibandingkan untuk pasar domestik.

Thailand punya pengalaman membesarkan industri otomotif nasional selama 50 tahun. TAI mengatakan bahwa membuka fasilitas pengembangan mobnas akan menggeser minat pihak asing untuk berinvestasi. Maka dari itu, kerugian yang paling terasa adalah ketiadaan potensi serapan dari tenaga kerja yang berjumlah besar.

Thailand tetap mempertahankan nasionalisme dengan mengembangkan produksi komponen mobil, dan kini telah terdapat lebih dari 2.000 perusahaan lokal yang berada di bawah koordinasi Thai Auto-Parts Manufacturers Association.

"Kami membangun pusat pengembangan untuk produk-produk komponen lokal agar bisa menghasilkan produk sendiri. Jadi, mereka punya skill mengembangkan suku cadang, tidak hanya memproduksi mobil untuk merek asing, tetapi juga membuat produk sendiri," papar Vichai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com