Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Motorcycle Show 2014

Harga Skutik ”Blue Core” Yamaha Beda Ratusan Ribu

Kompas.com - 31/10/2014, 12:45 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Teknologi Blue Core yang digunakan Yamaha untuk berbagai model masa depan, termasuk skutik yang akan dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia, dikhawatirkan jauh lebih mahal ketimbang model bermesin ”biasa”. Namun kekhawatiran itu ditampik Yamaha Indonesia.

Dalam penyelenggaraan Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Assistant GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Muhammad (YIMM) Masykur mengakui, model bermesin Blue Core akan lebih mahal. Namun bedanya tipis.

”Nggak sampai jutaan. Malah kami berusaha mempertahankan harga. Paling beda ratusan ribu saja. Tapi kami akan terus menganalisa. Yang jelas masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir, karena teknologi ini layak untuk ditunggu,” ujarnya kepada KompasOtomotif (29/10/2014).

Isunya, skutik Blue Core Yamaha akan bersaing dengan Honda Vario Techno 125. Dengan produksi massal yang akan dilakukan YIMM, harga akan bisa ditekan karena sudah pasti memenuhi skala produksi minimal. Perkiraan sementara, akan berada di atas Rp 15 juta.

Blue Core adalah mesin generasi terbaru yang dikembangkan Yamaha untuk mencapai efisiensi optimal. Mesin ini diperkenalkan pertama kali di India untuk FZ Series (Byson) injeksi, awal Juli 2014. Lalu diikuti dengan skutik Nozza Grande di Vietnam dan Filano untuk Thailand yang saat ini sedang dipamerkan di IMoS.

Teknologi jantung ini berfokus pada bebearpa hal, yakni efisiensi pembakaran, memaksimalkan sistem pendinginan, mengurangi tenaga yang hilang, dan kontrol suplai bahan bakar yang lebih presisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com