Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Motorcycle Show 2014

”Blue Core”, Tulang Punggung Yamaha di Masa Depan

Kompas.com - 31/10/2014, 10:11 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia menggantungkan harapan pada sepeda motor terbaru yang disebut generasi Blue Core. Saat ini model sedang dikembangkan khusus untuk Indonesia, berjenis skuter, ditengarai 125cc, dan akan meluncur dalam waktu dekat.

Generasi mesin yang diklaim ramah lingkungan, irit bahan bakar, dan berperforma tinggi ini sebelumnya sudah muncul di Vietnam dengan skuter Nozza Grande. Lalu Thailand dengan nama Filano. Sedangkan di India muncul di jajaran sepeda motor sport FZ-Series.

”Untuk Indonesia, sedang kami kembangkan model baru. Mesin akan di-setting dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Bukan Nozza Grande atau Filano, tapi akan lebih optimal dari keduanya,” kata Takuya Kinoshita, GM Department Development Model Platform Yamaha Jepang, (29/10/2014).

Pembakaran maksimal
Sederhananya, teknologi Blue Core akan memaksimalkan kinerja mesin dengan pembakaran biasa menjadi lebih dahsyat. Pada dunia roda empat, beberapa merek sudah melakukannya. Misalnya Mazda dengan teknologi Skyactiv atau Ford yang mengandalkan mesin EcoBoost.

Dikatakan Kinoshita, dengan mesin Blue Core, bahan bakar lebih irit sampai 50 persen. Hal itu dicapai karena terciptanya sistem pendingingan yang baik, ditambah dengan pembakaran yang sempurna dengan memaksimalkan setiap ledakan pada ruang bakar.

”Blue Core ini akan menjadi platform mesin untuk pasar global. Ke depannya, setelah diterapkan untuk model komuter di pasar ASEAN, kami akan menggunakan mesin ini sebagai basic untuk pengembangan mesin-mesin Yamaha di masa akan datang,” urai Kinoshita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com