Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Motorcycle Show 2014

Pesan Max Biaggi untuk Dunia Balap Indonesia

Kompas.com - 30/10/2014, 16:11 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Mantan pebalap MotoGP dan Superbike, Max Biaggi, menginjakkan kakinya di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014. Pemilik nomor 3 itu tampak di booth helm Suomy, Jakarta Convention Center, Rabu (29/10/2014). Selain ikut merilis merek helm yang pernah menjadi andalannya itu, Max juga berbagi cerita kepada pengunjung.

Dipandu pembawa acara, salah satu pebalap terbaik Italia itu mengatakan bahwa Indonesia harus banyak melakukan sesuatu untuk melahirkan juara dalam ajang balap internasional. Salah satunya membangun lebih banyak sirkuit dan memperbanyak balapan lokal sebagai jembatan ke ajang internasional.

”Setahu saya, Indonesia masih mengandalkan Sentul. Saya pernah ke sana, dan sirkuit itu bisa lebih baik lagi. Harus ada semakin banyak sirkuit yang bisa digunakan pebalap untuk latihan menyesuaikan diri. Balapan lokal juga sebaiknya diperbanyak sebagai pengasah kemampuan,” celoteh Biaggi.

Tak hanya itu, menurut Biaggi, pekerjaan rumah untuk dunia balap Indonesia, dan juga negara-negara lain, adalah menyiapkan lebih banyak jenjang bagi para pebalap masing-masing untuk berlaga di kancah internasional. Akan tetapi, tentu saja, langkah awal untuk menguatkan kompetisi lokal di banyak sirkuit harus lebih dulu beres.

”Semuanya bisa menjadi juara. Akan tetapi, bakat saja tidak cukup. Harus ada lingkungan dan atmosfer yang mendukung sejak awal,” tutup Biaggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com