Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja di F1 Jadi Impian Stephanus sejak Kecil

Kompas.com - 28/10/2014, 15:35 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Punya hobi menonton balapan Formula 1 membuat Stephanus Widjanarko memiliki impian untuk punya pekerjaan yang berkaitan dengan F1. Cita-cita itu kini bisa diraih Stephanus setelah menjadi bagian dari engineer tim Scuderia Toro Rosso.

"Tahun 2004 saya diajak Ayah nonton F1 langsung di Sepang, Malaysia. Kemudian saya berfikir sepertinya seru kalau kerja di F1 setelah lulus nanti," jelas Stephanus seperti dilansir laman resmi ITB, Selasa (28/10/2014),

Setelah selesai menyelesaikan kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), Tephie, sapaan akrab Stephanus, suskes mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S2 dengan bidang Engineering Fluid Dynamics/Sustainable Energy Technology di Universitas Twente, Belanda.

Karena ketertarikan Tephie pada bidang aerodinamis dan wind turbine, Tephie sempat magang di Vestas Wind System A/S di Denmark, pada posisi Aerodynamics Development Engineer. Di situlah kesempatan bergabung dengan F1 mulai terbuka. Hal tersebut muncul setelah bertemu dengan mantan desainer Toyota F1.

"Saya bertemu dengan salah satu mantan engine designer di Toyota F1, dan saya banyak mengobrol mengenai suasana kerja di F1. Hingga akhirnya berhasil diterima di Scuderia Toro Rosso," lanjut Tephie.

Stephanus pun menjadi bagian dalam tim desain Scuderia Toro Rosso dengan tugas mendesain Computational Fluid Dynamics (CFD) aerodinamis di bagian external aero development. Dia bertugas merancang bagian depan berdasarkan sisi aerodinamisnya. Secara detail ada pada bagian sayap depan, hidung, forward barge board, tata letak suspensi dan pelindung ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com