Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Laut Naikkan Efektivitas Pengiriman Mobil ke Daerah

Kompas.com - 27/10/2014, 10:13 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Rencana Pemerintah Indonesia menciptakan infrastruktur tol laut untuk meningkatkan efektivitas mendapat dukungan penuh Gaikindo selaku pengusaha dari industri otomotif. Dengan adanya fasilitas pengantaran barang yang lebih mumpuni, pengiriman mobil ke wilayah daerah akan lebih efektif dari kondisi sekarang.

"Kami akan senang kalau itu jadi (tol laut), pengangkutan mobil akan lebih cepat. Kalau sekarang kita mengirim mobil ke Manado atau Bitung, butuh waktu tiga minggu sampai sebulan. Kalau adanya tol laut bisa jadi seminggu, sangat bagus sekali," jelas Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo, kepada KompasOtomotif, Senin (27/10/2014).

Selain lebih cepat, lanjut Sudirman, dengan adanya infrastruktur tol laut, maka biaya distribusi pengiriman barang-barang kebutuhan hidup, termasuk mobil, akan lebih murah. "Kalau sekarang mengirim barang ke Jepang biayanya lebih murah ketimbang ke timur (Indonesia)," ungkap Sudirman.

Transportasi
Namun, fokus pemerintahan Presiden Jokowi yang berkiblat pada pembangunan potensi maritim Indonesia, apakah justru relatif menyampingkan sarana transportasi lainnya, seperti darat dan udara. Menanggapi hal ini, Sudirman mengaku tidak khawatir karena meski fokus pada infrastruktur kelautan, transportasi darat juga akan terintegrasi dan tetap dikembangkan.

"Kalau transportasi laut dikembangkan, di darat tetap butuh sarana yang menunjang. Jadi, menurut saya, tetap akan sejalan pengembangannya nanti," imbuh Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com