Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lima Mobil Lego yang Mengagumkan

Kompas.com - 25/10/2014, 09:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Billund, KompasOtomotif - Produsen mainan global, Lego, selalu menciptakan model-model rakitan yang menyerupai wujud asli. Mainan yang sudah eksis sejak 1949 ini, juga menciptakan beberapa mobil yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Dari seluruh model yang sudah dibuat, disaring menjadi lima model mobil terbaik yang pernah diciptakan atau dibuat Lego. Memang agak subyektif, tapi berdasarkan popularitas dan tingkat detail yang ada, kelima model ini cukup mewakili model-model terbaik produsen mainan asal Denmark ini.

1. Ghostbusters Ecto-1
Meskipun Halloween sudah berlalu, tapi tema mobil ini masih berkaitan. Pada posisi pertama, mobil Lego yang berhasil masuk dalam daftar terbaik adalah kendaraan dinas Ghostbusters, Ecto-1. Mobil mainan ini terdiri dari 508 bagian yang dirakit menjadi satu kesatuan. Selain itu juga dilengkapi oleh empat figur tokoh Ghostbusters, termasuk Peter, Egon, Raymond, dan Winston.

2. 1969 Chevy Corvette
Mobil kedua yang masuk dalam daftar, adalah Lego Chevy Corvette. Mobil ini banyak menjadi idola anak muda zaman 1960 hingga 1970-an di Amerikas Serikat. Mobil ini masih berupa konsep yang diajukan para pencinta Corvette via laman resmi, Lego Ideas. Mobil ini cukup rumit karena dirakit menggunakan 1.500 Lego.

Artinya, jika mendapat dukungan yang cukup, minimal 10.000 orang, baru kemudian konsep ini dipertimbangkan Lego untuk diproduksi. Hingga ini, baru terkumpul sekitar 5.000 orang lebih, jadi butuh tambahan setengah lagi untuk bisa setidaknya dipertimbangkan!

3. Classic Mini Cooper
Model ketiga, Lego Mini Cooper. Mainan ini merupakan edisi Lego Expert Series, dijual pada Agustus 2014 lalu. Untuk merakitnya total membutuhkan 1.077 bagian. Mobil ini diciptakan dengan kelir khas British Racing Green, dipadu dengan garis putih di bagian sisinya. Kabin dalamnya, cukup detail. Tuas transmisi dan rem tangan bisa digerakkan dan di dalam kap ada set piknik dan ban cadangan.

Autoblog Mobil mainan ini masih konsep, karena diusulkan salah satu penggemar.

4. Air-Powered Hot Rod
Model keempat yang masuk dalam daftar mobil terbaik, adalah Air-Powered Hot Rod. Mobil ini berukuran seperti mobil asli diciptakan oleh salah satu fanatik dan antusias Lego di Rumania dengan nama "Super Awesome Lego Project".

Para pencipta mobil ini, mengaku bisa menjalankan mobil ini hingga kecepatan 20 mph memanfaatkan angin. Mobil ini memanfaatkan 256 piston dan dua tangki bertekanan tinggi untuk propulsi. Proyek ini menghabiskan 500.000 bagian Lego, menggunakan dua warna utama, kuning dan hitam.

5. Ferrari F1 Racecar
Model terakhir, merupakan Lego paling bergengsi saat ini karena berkaitan dengan ajang balap terbesar saat ini, Formula 1. Kali ini, Lego menciptakan model kit dengan skala 1:1 dengan mobil Tim Scuderia Ferrari edisi 2011, yakni F150th Italia. Bahkan pada peluncurannya, dua pebalap F1, Felipe Massa dan Fernando Alonso ikut memeriahkannya.

Ferrari/Ercole Colombo Lego dibuat dengan skala 1:1 sesuai bentuk aslinya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com