Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Jitu Menunda Aksi Maling Mobil

Kompas.com - 24/10/2014, 17:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil Anda dan segala sesuatu di dalamnya adalah objek menarik para maling. Jika Anda berpikir sudah aman, di sisi lain ternyata masih ada celah untuk maling menjarah mobil Anda.

”Tapi mobil saya punya alarm dan immobilizer,” sanggah beberapa orang. Memang benar, pengaman modern sudah cukup menjanjikan. Tapi masih banyak yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mobil tetap aman, atau paling tidak menyulitkan aksi para maling.

Berikut langkah ekstra yang dirangkum Telegraph Cars untuk menjaga mobil tetap aman:

1. Cek apakah sudah terkunci, dan cek lagi
.
Kebanyakan mobil modern terdapat konfirmasi visual jika sudah terkunci. Lihat mobil Anda ketika memencet tombol alarm. Perhatikan suaranya apakah benar-benar terkunci. Ahli keamanan mengatakan bahwa beberapa maling memakai jammers untuk mengacak sinyal remote mobil. Dipencet, ada tanda-tanda bunyi, namun tidak terkunci. Coba kembali ke cara lama dengan mengecek tuas pintu.

2. Parkir di ”tempat yang benar”.
Di mana pun Anda hendak parkir, coba cari tempat terbaik. Jika ada opsi parkir di bawah lampu jalan atau tempat terang, lakukanlah. Carilah tempat terdekat dengan keramaian, atau pintu masuk jika Anda parkir di mal.

Telegraph Pencuri tak hanya mengincar mobil, bisa jadi barang yang ada di dalam mobil Anda.

3. Sembunyikan barang bawaan.
Terdengar tak masuk akal? Tapi jangan heran jika banyak orang yang terkena getahnya. Barang apa pun, sebaiknya ”diamankan”, bahkan jaket atau tas yang menurut Anda tidak begitu berharga. Apalagi barang mencolok seperti elektronik, tas, atau dompet. Usahakan jok bersih dari benda apa pun.

4. Tambah peranti keamanan.
Alarm dan immobilizer kadang tak cukup. Coba tambahkan pengunci setir, atau pengunci pedal dan pemindah gigi. Agak repot, tapi membuat Anda semakin tenang. Jika ada duit lebih, ada baiknya beli alat pelacak yan dipasangkan pada mobil. Atau, kamera CCTV mini yang tersembunyi.

5. Pikirkan di mana Anda menyimpan kunci.
Sistem keamanan mobil sudah canggih. Namun justru ini yang menjadi celah. Sangat mungkin maling mengincar kunci mobilnya dulu dengan mencopetnya dari saku. Selalu pikirkan kantong mana yang Anda pakai untuk menyimpan kunci. Bahkan di rumah, jangan biarkan kunci kendaraan Anda bergelantungan sembarangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com