Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Persaingan Pasar MPV Sejuta Umat (II)

Honda Mobilio Terkesan "Mahal"

Kompas.com - 24/10/2014, 14:51 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Konsumen Honda Mobilio berpendapat kalau MPV kompak ini menawarkan harga yang kompetiif, punya desain yang keren, dan menawarkan ruang yang lebih lapang daripada rivalnya.

"Sangat berbeda dari mobil keluarga lain. Bagi kami, terlihat seperti mobil mahal, meskipun sangat terjangkau," jelas Mirza Ayu, yang tinggal bersama adik dan keluarganya dekat Ibu Kota, yang baru saja membeli Mobilio Juni lalu.

"Yang lain sudah mengeluarkan model dengan pembaruan, model baru, dan saya pikir Toyota agak terlalu malas dalam memperkenalkan model baru," jelas Mohit Arora, Wakil Presiden bidang Penelitian JD Power Asia Pasific, ketika ditanya soal MPV, dilansir Reuters (23/10/2014).

Dari penelusuran dealer Honda di Jakarta, Mobilio mendominasi penjualan seluruh model yang dipasarkan hingga 60 persen, jelas Agung Suriza, pramuniaga eksekutif Honda. "Eksterior Honda terlihat lebih segar," beber Agung.

Juru bicara Toyota di Singapura, seperti ditulis Reuters, mengatakan, "Melihat kompetisi di Indonesia dalam hal positif, sebagai tantangan untuk meningkatkan produk dan layanan kami, juga meraih standar lebih tinggi dalam memenuhi kebutuhan konsumen."

Hal tersebut merupakan salah satu alasan Budiono Harianto, tetap lebih memilih Avanza dibanding model baru yang jadi alternatif. "Salah satu alasan adalah kemudahan mencari bengkel resmi dimanapun saya berada. Itu alasan utama dan membuat saya lebih tenang kemanapun saya pergi," ungkap pria yang berprofesi sebagai pekerja asuransi di Ibu Kota, kepada KompasOtomotif.

Untuk melindungi posisi di pasar, Toyota mengatakan akan terus menggenjot lokalisasi produksi, mencari pemasok lokal lebih banyak di Indonesia, dan memperkuat jaringan pemasaran serta layanan purna jual. Salah satu insinyur Toyota mengatakan, perusahaan tengah menyiapkan penyegaran untuk Avanza berupa facelift dipersiapkan untuk awal 2015, tanpa mau menjelaskan lebih detail.

Baca juga :
- Rivalitas Honda dan Toyota Memuncak
- Kompetisi Memanas, Picu Perang Harga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com