Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Layanan Taksi "Kura-Kura" di Jepang

Kompas.com - 24/10/2014, 11:05 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Yokohama, KompasOtomotif - Ketika Dubai memilih mobil sport untuk kendaraan darurat karena membutuhkan kecepatan yang tinggi, beda halnya dengan layanan terbaru taksi di Jepang. Ada kendaraan khusus yang melayani orang berpergian di dalam kota dengan pelan-pelan menggunakan jasa layanan Turtle Taxi atau Taksi Kura-Kura.

Sejak terbangun dari tidur, berangkat kerja, rapat, bertemu klien, atau pulang dari kantor semuanya ingin cepat. "Time is money", waktu sangat berarti karena tidak bisa dibeli atau diganti. Latar belakang ini juga yang membuat layanan Taksi Kura-Kura ini muncul, daripada mengejar waktu yang pasti berlalu, mengapa tidak melambat dan menikmati setiap momen pergantian waktu.

Layanan ini diciptakan oleh perusahaan taksi Sanwa Kotsu Group di Yokohama, Jepang, sejak tahun lalu. Sanwa mengubah 10 dari total 500 unit taksi yang beroperasi menawarkan layanan baru Taksi Kura-Kura.

Di setiap Taksi Kura-Kura terdapat tombol khusus bergambar kura-kura di bagian belakang jok penumpang depan, bertuliskan Yukkuri yang artinya pelan. Ketika konsumen menekan tombol itu, akan keluar lantunan musik yang lucu, bertempo lambat, menenangkan, dan pengemudi otomatis langsung memperlambat jalan taksinya.

Hebatnya lagi, pengemudi taksi ini sangat terampil karena bisa mengatur gaya setrifugal yang biasa tercipta kalau mobil rem mendadak. Jadi, penumpang dibuat sangat nyaman dalam perjalanan, bisa menikmati pemandangan di luar jendela taksi.

Mungkin bagi sebagian orang, layanan ini lucu, tetapi taksi ini sangat baik diterima oleh warga di Jepang, khususnya para lanjut usia. Wanita hamil juga tentu lebih memilih taksi dengan gaya mengemudi yang lembut. Perusahaan pengelola juga mengaku permintaan layanan taksi ini meningkat 15 persen sejak diluncurkan.

Kini, perusahaan berencana memperlebar layanan di luar Yokohama, masuk ke beberapa wilayah urban, seperti Tokyo, Kangawa, dan Saitama. Mau tahu seperti apa layanan taksi ini, simak video berikut ini !

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com