Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Jatuh Cinta dengan Avanza karena Banjir

Kompas.com - 23/10/2014, 19:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memilih mobil di ibu kota tak cukup dengan model, harga, dan fungsi untuk mengangkut orang. Satu hal yang wajib dipikirkan yaitu tahan genangan alias banjir. Pengalaman Oktavianus Agung Taryadi terendam di ”sungai dadakan” Jakarta memicunya untuk selalu membeli mobil dengan ground clearance tinggi.

Sebagai penggemar Toyota, setelah akrab dengan sedan sejak kuliah, Kiki, sapaan karib Oktavianus, memilih Kijang sebagai tunggangan sehari-hari. Dia yakin dengan jarak bodi ke tanah yang cukup tinggi, cukup untuk aman dari banjir.

Benar saja, suatu ketika Kiki kebanjiran di kawasan Jakarta Utara. Air sudah menggenang hingga pintu mobil. Menariknya, mobil tidak mogok. ”Air tiba-tiba tinggi. Pikiran saya aneh-aneh, ingat bencana air bah sampai tsunami. Saya lari meninggalkan mobil ke tempat lebih tinggi. Ternyata saat sudah surut, mobil tidak apa-apa,” ceritanya.

Dari situ, dirinya paham betul bahwa mobil dengan ground clearance tinggi adalah kebutuhan. Saat ingin membeli mobil baru pun, dirinya memilih Avanza yang notabene tak beda jauh dengan ground clearance Kijang lama.

”Saat itu saya beli Avanza dari baru lansiran 2004. Saya pakai bertahun-tahun sampai 2013 lalu saya beli model baru, tidak pernah merongrong. Banjir kuat, bensin irit, suku cadang di mana saja bisa beli. Ya pokoknya mobil ini benar-benar teman buat kerja,” ujar Kiki.

Tampang dan performa standar pun dirasa sudah cukup. Meski hobi modifikasi akhirnya menggerakkan Kiki untuk ikut Avanza Pop You Up dan berkeinginan untuk merombak Avanza kesayangannya jadi lebih menarik perhatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com