Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tambah Fungsi iPhone Jadi Kunci Mobil

Kompas.com - 23/10/2014, 09:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - Apple semakin serius mengembangkan teknologi kemudahaan untuk otomotif. Belum lama ini, lembaga hak paten AS memberikan paten “Accessory control with geo-fencing” kepada Apple. Artinya, sistem baru ini memungkinkan iPhone mengoperasikan fitur mobil dari kejauhan saat terkoneksi dengan CarPlay.

“Sinyal bisa mengidentifikasikan lokasi mobil saat ini atau nanti. Telepon pintar dapat menghasilkan satu atau lebih geofences (kemampuan deteksi perimeter) menggunakan setidaknya sebagian dari lokasi mobil,” seperti tertulis pada paten, dilansir Autoevolution, Selasa (22/10/2014).

Produk sistem hiburan baru dari Apple, CarPlay, baru saja meluncur pada Maret lalu. Paten baru ini mengembangkan kemampuannya, mobil bisa menentukan lokasi pemegang iPhone yang diibaratkan sebagai “kunci” dengan mengandalkan bluetooth dan kemampuan deteksi perimeter.

Autoevolution Lembaga hak paten AS memberikan paten “Accessory control with geo-fencing” kepada Apple.

Teorinya, pintu mobil akan membuka otomatis bila pengemudi bersama iPhone mendekat, atau bila mobil merasakan anda menjauh maka pintu langsung terkunci. Kemampuan itu baru sebagian awal, pemilik juga bisa menyalakan mesin dari jauh, selain itu berbagai ekspansi kode perintah juga dipersiapkan.

Meski sudah dipatenkan sistem kemungkinan ini masih lama bisa diaplikasikan. Satu yang pasti, CarPlay sudah siap diproduksi massal, berbagai merek seperti Ferrari, Mercedes-Benz, Honda, dan Hyundai telah sejutu menjadikannya OEM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com