Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru A8 Pelopor Otonomos Audi

Kompas.com - 23/10/2014, 09:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif - Audi termasuk salah satu pabrikan yang paling agresif mengembangkan teknologi otonomos. Tidak butuh waktu lama, generasi terbaru sedan 4-pintu termewah, A8, akan menjadi model pelopor teknologi otonomos Audi di mobil produksi saat dipasarkan pada 2017.

Audi berambisi menjadi merek pertama di pasar yang menawarkan mobil berkemampuan gerak tanpa bantuan pengemudi. Otonomos pada A8 dibanggakan bisa menyetir lebih baik daripada manusia.

Stefan Moser, Audi Head of Product and Technology Communications menjelaskan fokus cara mengemudi otonomos tidak teralihkan seperti yang bisa dialami pengemudi. “Bila kita punya sistem yang layak, maka akan selalu lebih baik dari manusia. Teknologi itu tidak menyetir sambil menelepon atau teralihkan karena wanita cantik, tidak ada gangguan,” kata Moser, seperti dilansir Motoring, Rabu (22/10/2014).

Jalan umum
Pekan lalu Audi baru saja mendemonstrasikan kemampuan mobil sport RS 7 mengitari Hockenheimring tanpa awak, hanya mengandalkan teknologi otonomos. Tapi pembuktian itu baru berlaku di lintasan khusus, bagaimana bila digunakan di jalan umum yang punya banyak elemen seperti rambu lalu-lintas, pejalan kaki, cuaca, dan segala macam hal yang tidak bisa diprediksi?

Moser meyakinkan  kombinasi kamera, radar, dan laser yang berperan seperti “mata” bekerja di segala kondisi. “Kamera tidak selalu bisa melakukan semuanya. Kita juga punya laser, kita juga akan punya sensor. Dengan laser anda bisa melihat dalam kabut sebagai contohnya,” urai Moser.

Generasi terbaru Audi A8 akan diperkenalkan pada akhir 2016 kemudian dijadwalkan untuk dijual pada 2017. Gambaran eksteriornya bisa dilihat dari model pamer yang akan melantai bulan depan di Los Angeles Auto Show.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com