Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Kendaraan "Aneh" dari Korsel

Kompas.com - 22/10/2014, 14:43 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber carscoops

Seoul, KompasOtomotif - Hyundai punya gelaran menarik, "R&D IDEA Festival", yang diselenggarakan setiap tahun di Korea Selatan. Ajang ini sengaja diciptakan perusahaan dengan peserta pada insinyur perusahaan.

Jadi, setiap peserta yang ikut wajib menciptakan ide, menciptakan alat transportasi masa depan. Bisa berupa mobil baru, sepeda motor baru, atau yang lainnya terkait dengan alat transportasi. Tahun ini, acara diselenggarakan 7 Oktober 2014 lalu dengan tema "Making A Better Future", berlokasi di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Namyang, di Korea Selatan.

Total, terdapat 10 proyek yang dihasilkan tim perserta, terdiri dari beberapa orang. Setiap proyek diberi waktu empat bulan untuk mengerjakan. Hasil proyek ini juga wajib menggunakan barang-barang bekas yang kemudian didesain ulang sehingga menghasilkan prototipe baru.

Carscoop Length and Width, kendaraan yang bisa berubah bentuk.

Dari seluruh peserta yang ikut ambil bagian, empat proyek dinyatakan sebagai pemenang. Keempat proyek juga akan diboyong perusahaan untuk dipamerkan ke masyarakat dalam berbagai pameran otomotif, termasuk acara internal. Keempat kendaraan prototipe ini, adalah Carry U, Length and Width, Golden Time Rescue, dan Hyundai Car-Meleon.

Carry U, merupakan alat pengangkat barang besar yang didesain ulang menjadi seperti skuter. Kendaraan ini diciptakan untuk mengantar orang dalam jangka tempuh pendek, seperti di dalam bandar udara misalnya.

Length and Width, bisa dibilang sebagai proyek yang paling unik. Kendaraan ini bisa berubah bentuk, melipat tubuhnya, secara vertikal maupun horizontal, untuk masuk ke gang-gang kecil.

Carscoop Carry U, kendaraan yang bisa digunakan dalam jangka tempuh pendek.

Golden Time Rescue, kendaraan yang didesain untuk misi penyelamatan di berbagai kondisi jalan. Salah satu kunci utamanya, kendaraan ini dilengkapi dengan ban unik yang bisa menyesuaikan bentuk sesuai medan yang dilalui.

Terakhir, Hyundai Car-Meleon, proyek yang paling jelek bentuknya. Pasalnya, prototipe ini didesain bisa berubah bentuk dalam tiga jenis kendaraan, sedan, SUV, dan truk.

Sayangnya, tidak ada video yang mengabadikan seperti apa keempat kendaraan prototipe ini berfungsi!

ca Meleon Car, mobil ini bisa berubah menjadi tiga tipe, sedan, SUV, dan truk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com