Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Pangkas Harga Salah Satu Varian Focus

Kompas.com - 22/10/2014, 12:14 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber autonews

Detroit, KompasOtomotif - Ford Motor Company memutuskan untuk menurunkan harga Focus listrik di Amerika Serikat. Pemotongan harga yang disetujui nilainya 6.000 dollar AS (Rp 72 juta), sehingga turun menjadi 29.995 dollar AS (Rp 359,9 juta) mulai 13 Oktober 2014.

Aaron Miller, juru bicara Ford mengatakan, penurunan harga dilakukan untuk semua model lansiran 2014 dan berlanjut sampai edisi 2015 yang mau diluncurkan akhir 2014. Pemangkasan harga ini sudah yang kedua kalinya dilakukan Ford, setelah sebelumnya terjadi pada Juli 2013, ada diskon 4.000 dollar AS (Rp 48 juta).

Dengan insentif pengurangan pajak federal 7.500 dollar AS, maka sekarang konsumen bisa membeli mobil ini hanya dengan banderol 22.495 dollar AS.

"Apa yang telah kami katakan adalah Focus Listrik menawarkan desain dan rancang bangun kelas dunia. Kami harap dengan menurunkan harga, bisa memberikan alasan lain bagi konsumen untuk mempertimbangkannya," beber Miller.

Jual beli
Seperti layaknya hukum jual-beli, penurunan harga hanya akan terjadi jika model yang dipasarkan tidak laku. Termasuk Ford Focus Listrik yang performa penjualannya di bawah ekspektasi, dengan hasil 1.534 unit sepanjang 2014. Hasil ini memang naik 15 persen, lebih baik dari seluruh pasar mobil listrik yang turun 3 persen. Tetapi, jumlah yang dihasilkan masih jauh dari yang diinginkan perusahaan, bahkan masih belum bisa melampaui tahun terbaik di 2013 dengan 1.738 unit.

Jika dibandingkan rival, Nissan Leaf sudah terjual 21.822 unit dalam sembilan bulan pertama tahun ini, melesat 36 persen. Leaf punya desain sendiri tidak menggunakan model yang sudah ada di pasar seperti Ford Focus. Akhir tahun ini, Ford berniat menyegarkan tampilan dengan desain gril baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com